CARA MERAWAT BUNGA KUPU-KUPU (OXALIS TRIANGULARIS)

CARA MERAWAT BUNGA KUPU-KUPU
 (OXALIS TRIANGULARIS)


Oxalis Triangularis atau lebih dikenal dengan Bunga Kupu-Kupu adalah tanaman yang berasal dari Amerika Latin seperti negara Brazil. Tanaman eksotis dengan warna ungu ini banyak digemari kalangan pecinta tanaman hias. Keunikan daunnya yang seperti kupu-kupu memberikan pemandangan yang indah. Tanaman Oxalis Triangularis ini juga memiliki karakter yang khas yaitu daunnya akan mekar pada pagi sampai sore hari dan akan menguncup/menutup ketika malam hari. Keindahan Oxalis Triangularis akan terlihat sempurna ketika berbunga. Untuk itu banyak kalangan penghobi tanaman hias menanam tanaman satu ini untuk dijadikan hiasan di rumah. Tanaman Bunga kupu-kupu ini bisa diletakkan didalam ruangan maupun diluar ruangan. Sebagai hiasan yang cantik, tanaman ini bagus diletakkan di ruang tamu, pekarangan rumah bahkan digantung dengan pot gantung di teras rumah.

Agar bunga kupu-kupu ini tumbuh baik dan rimbun serta berbunga, diperlukan beberapa cara penanganan yang sensitif untuk menjaga pertumbuhannya dan perkembanganbiakannya. Bunga kupu-kupu merupakan jenis bunga yang tidak tahan terkena paparan sinar Matahari langsung untuk itu perlu perlakuan yang tepat bila meletakkannya. Dan juga kelembaban media tanam dan suhu udara harus dipastikan cukup dan tidak berlebihan. Jangan sampai media tanam terlalu basah sehingga menyebabkan tanaman akan membusuk dari bawah. Untuk itu dalam tulisan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam merawat Oxalis Triangularis agar dapat tumbuh kembang dengan baik.

1. Media Tanam

Gunakan media tanam yang mudah menyerap air. Seperti perpaduan media tanam dengan sekam bakar atau yang lain. Intinya penggunaan media tanam harus dipantau ketika menanam bunga kupu-kupu. Harus ada observasi untuk melihat tumbuh kembangnya bunga kupu-kupu. Apabila bunga kupu-kupu sulit untuk tumbuh dengan baik maka bisa mengganti media tanam yang lebih cocok. Faktor cuaca dan kadar air akan juga berpengaruh pada proses adaptasi bunga kupu-kupu. Jadi perhatikan dengan baik dalam merawat bunga satu ini.


2. Penyiraman
Lakukan penyiraman secukupnya saja. Perhatikan kondisi media tanam pada pot apakah masih basah atau kering. Lakukan penyiraman ketika kondisi media tanam kering dengan penyiraman yang secukupnya, jangan sampai over. Bila dirasa media tanam masih basah maka sebaiknya jangan disiram dahulu. Apabila ingin disiram maka siram saja dengan cipratan air ke bagian daun tanaman. Hindari media tanam yang terlalu basah karena akan berdampak tanaman membusuk dan mati. Diperlukan perhatian yang teliti dan kepedulian untuk merawat Oxalis Triangularis ini.

3. Pencahayaan
Letakkan bunga kupu-kupu di tempat yang tidak langsung terkena paparan cahaya sinar Matahari. Dan juga jangan meletakkan tanaman ini di tempat yang sangat lembab juga udara yang minim. Bila peletakan bunga kupu-kupu di dalam ruangan, pastikan juga sirkulasi udara terjaga dan sinar matahari tercukupi. Bawalah bunga kupu-kupu dua-tiga hari sekali keluar ruangan agar sirkulasi pertumbuhan terjaga. Dan bila peletakan bunga kupu-kupu diluar ruangan, pastikan letakkan di bawah kerindangan yang tujuannya agar bunga kupu-kupu tidak terpapar langsung sinar Matahari. Karena bila kepanasan, tanaman Oxalis Triangularis akan mengering dan layu. Untuk itu, peletakan bunga kupu-kupu harus dijaga dan tidak sembarangan.

4. Pemupukan
Dalam pengalaman saya sendiri, pemupukan adalah hal yang opsional. Tanaman Oxalis akan tumbuh baik bila media tanam yang sesuai juga kadar cahaya yang cukup dan kondisi kelembaban media tanam dan suhu udara sekitar yang baik. Tanpa pemupukan yang rutin pun tanaman bunga kupu-kupu akan tetap tumbuh baik asalkan ketiga faktor diatas terpenuhi dan terjaga dengan baik. Kalaupun ingin pemupukan maka gunakan pupuk yang sesuai dengan kadar pemupukan yang tidak over juga waktu pemupukan yang tidak terlalu sering. Sebetulnya menurut saya berdasarkan pengalaman, pemupukan adalah langkah opsional. Maka bagi kalian yang ingin menanam dan merawat bunga kupu-kupu jangan terlalu khawatir dengan masalah pemupukan. Bila kalian menjaga keadaan media tanam, kadar cahaya/sinar Matahari dan Suhu udara dengan baik untuk bunga kupu-kupu maka Insya Allah bunga kupu-kupu akan tumbuh dengan daun yang rimbun dan berbunga indah.


Sekian tulisan saya mengenai cara merawat Oxalis Triangularis, cara merawat yang saya sampaikan adalah berdasarkan pengalaman saya dalam menanam dan merawat bunga kupu-kupu ini. Jadi apabila ada yang kurang sesuai mohon dimaklumi karena penanganan setiap orang berbeda-beda. Dalam pengalaman saya dengan perawatan yang sederhana sekalipun tanaman Oxalis tumbuh dengan baik walaupun saya tinggal di daerah suhu panas seperti Jakarta. Semoga bermanfaat….


TERIMA KASIH

Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

LEBIH MENGENAL INFJ

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE

DARI AQUASCAPE KE AQUARIUM IKAN MAS KOKI