SCENE ATAU ADEGAN LUCU SAM DAN ODA MAE DALAM FILM GHOST (1990)

 

SCENE ATAU ADEGAN LUCU SAM DAN ODA MAE 

DALAM FILM GHOST (1990)

Mencoba menghibur diri sendiri dengan menonton kembali film Ghost (1990) yang dibintangi Demi Moore (Molly Jensen) dan Patrick Swayze (Sam Wheat). Sekalian berbagi scene-scene lucu yang ada dalam film tersebut ditulisan kali ini. Nampaknya dari kita semua setuju kalau film Ghost adalah film romantis?. Ya setuju, tapi menurut saya ada juga kesan humor dalam film ini yang membuat suasana alur film menjadi klimaks dari tema filmnya yang horor. Siapa lagi yang membuat film satu ini terkesan humor kalau bukan karena penampilan  Whoopi Goldberg (Oda Mae Brown). Ya, si cenayang satu ini benar-benar menjadi jembatan komunikasi baik bagi hantu Sam juga bagi kita sebagai penonton film. Oda Mae menjadi tokoh yang menurut saya membuat film ini menjadi memorial juga selain adegan-adegan Sam dengan Molly. Semua pasti setuju kalau adegan Sam dan Molly yang sedang berduaan dan berpelukan sambil bermain-main membentuk-bentuk tanah liat dengan diiringi lagu romantis legendaris Unchained Melody. Kali ini saya akan berbagi scene-scene humor dan lucu antara Sam si hantu gentayangan dengan Oda Mae yang sial sebagai cenayang yang terpaksa harus membantu Sam untuk menguak sebab kematiannya.

Sedikit sinopsis film Ghost (1990) ini bagi kalian yang belum nonton. Film Ghost bercerita tentang pasangan muda Sam dan Molly yang harus berpisah karena takdir. Dimana Sam tewas tertembak saat mencoba melawan perampok yang akan menodongnya di jalan. Kejadian tersebut terjadi ketika Sam dan Molly sedang jalan berduaan di malam hari setelah bepergian bersama. Kejadian tragis itu menghilangkan nyawa Sam dan membuat Molly terpuruk dan sedih. Kematian Sam tidak berhenti sampai disitu karena ternyata roh Sam masih belum tenang dan bergentayangan karena belum bisa menerima keadaan dan masih penasaran dengan sebab kematiannya. Karena itulah roh Sam berjalan-jalan sampai suatu ketika Sam bertemu Oda Mae si cenayang yang sok-sok bisa memanggil roh orang yang sudah meninggal. Singkat cerita, Oda Mae mau tidak mau harus membantu Sam baik mencari sebab kematiannya juga sebagai jembatan komunikasi antara Sam dengan Molly karena Sam selalu mencintai kekasihnya itu. Pada akhirnya, semua sebab kematian Sam terungkap, dimana Sam dikhianati sahabatnya sendiri yang bernama Carl yang mengincar kekayaan Sam. Sam pun lega dan tidak penasaran lagi juga Dia sudah merelakan itu semua. Dan yang terpenting, setelah Dia akan pergi selamanya, Sam bisa mengungkapkan rasa cinta yang dalamnya kepada Molly kekasihnya. Film ditutup dengan kata-kata Sam yang romantis yang berbunyi “sampai bertemu lagi Molly, Aku akan selalu mencintaimu sampai kapanpun”.

Sedih ya, hahaha.

Balik lagi yuk sesuai tema tulisan, disini saya mau yang lucu-lucu aja dari adegan antara Sam dan Oda Mae. Bagi saya ketika menonton lagi film ini atau mengingat-ingat adegan mereka berdua itu rasanya hafal banget dan bikin tertawa dan senyum-senyum sendiri. Mari kita mulai dari pertemuan awal mereka berdua antara Sam dan Oda Mae. Chek this out…

1. Pertemuan Sam dan Oda Mae Brown

Ketika pertama kali bertemu adalah karena faktor ketidaksengajaan. Sam yang sedang berjalan-jalan melihat ada sebuah rumah seperti toko bertuliskan nama Oda Mae penasehat spiritual. Sam pun masuk ke rumah tersebut dan melihat beberapa orang mengantri untuk konsultasi. Karena penasaran, Sam masuk ke ruang praktek Oda Mae dan melihat praktek yang dilakukan Oda Mae terhadap pasiennya yang menginginkan bisa berkomunikasi dengan roh suaminya yang sudah meninggal. Sam yang melihat praktek Oda Mae  berpikir bahwa ini seperti sebuah tipu-tipuan yang hanya ingin mencari uang dengan berlaga menjadi cenayang. Saat membaca mantra, ternyata Oda Mae bisa mendengar umpatan Sam terhadap dirinya hahaha. Sam mengatakan yang dilakukan cenayang tersebut adalah “Bullshit”. Yang nonton pasti ingat ekspresi Oda Mae yang heran dan mulai takut dengan suara Sam yang didengarnya. Disini Oda Mae hanya bisa mendengar suara Sam tanpa bisa melihat wujud Sam. Alhasil, semakin lama Oda Mae semakin takut dan akhirnya menjerit dan lari terbirit-birit ke kamarnya hahaha. Sam baru sadar ternyata Oda Mae si cenayang itu bisa mendengarnya. Kejadian ini membuat Sam berpikir si cenayang tersebut barangkali bisa membantunya mengungkap sebab kematiannya.

2. Sam berkenalan dengan Oda Mae

Setelah kejadian tersebut, Sam mengikuti kemana pun Oda Mae pergi. Sam pun memperkenalkan dirinya dan menceritakan tentang hidup matinya kepada Oda Mae. Oda Mae pada momen ini masih tidak peduli dengan Sam bahkan Sam sangat mengganggu kehidupannya. Sampai suatu malam, Oda Mae tidak bisa tidur karena terus-terusan diganggu Sam dengan cara bernyanyi-nyanyi di kamar Oda Mae. Karena Sam tidak akan pergi dan berhenti mengganggu Oda Mae jika Oda Mae tidak mau membantunya. Alhasil, mau tidak mau dan merasa sangat terganggu Oda Mae pun berjanji akan membantu Sam dalam menelusuri sebab kematiannya dan menjembatani komunikasi dengan kekasihnya yaitu Molly.

3. Perjalanan mencari sebab kematian Sam

Sam mengetahui bahwa kematiannya tidak wajar dan Dia pun mengetahui perampok yang menembaknya malam itu sampai dirinya tewas. Ternyata perampok itu mengincar sesuatu yang sekarang ada di rumah Molly. Sesuatu yang menjadi incaran perampok itu adalah kode pin akses untuk mentransfer uang milik Sam yang begitu banyak. Dan Molly menjadi sasaran utama sekarang karena  kode pin itu ada dirumahnya. Sam menceritakan itu semua kepada Oda Mae dan berharap Oda Mae mau menemui Molly agar berhati-hati. Dengan rasa kesal dan jengkelnya, Oda Mae terpaksa menemui Molly. Oda Mae sudah bilang ke Sam bahwa Molly tidak akan percaya pada dirinya apalagi mengatakan bahwa pesan tersebut dari Sam. Dan benar saja, ketika Oda Mae menemui Molly. Oda Mae terus-terusan ditolak Molly yang menganggap Oda Mae aneh bahkan stress. Berulang kali ditolak Molly, Oda Mae disuruh Sam untuk mengatakan memori ketika mereka bersama yang hanya Sam dan Molly yang tahu. Molly pun terkejut bagaimana bisa Oda Mae tahu hal tersebut. Karena kenangan tersebut hanya Sam dan dirinya yang tahu. Molly pun akhirnya menemui Oda Mae. Oda Mae dipersilahkan masuk rumah Molly dan menerangkan bahwa ini semua tentang Sam dan semua yang dikatakannya adalah dari Sam kekasihnya yang sudah meninggal. Disini ada momen lucu dimana Sam dan Oda Mae bertengkar hahaha. Karena Oda Mae menambah-nambahkan perkataan Sam yang tak seharusnya dan itu membuat Sam kesal. Oda Mae pun disitu melihat foto Sam dengan Molly dan langsung mengatakan bahwa Sam “lucu tapi pemarah” hahaha. Puncaknya Sam salah berkata kepada Oda Mae yang membuat Oda Mae tersinggung, mungkin karena Sam gregetan dengan ulah Oda Mae yang terkesan tak serius dan banyak tingkah hahaha. Oda Mae pun enggan mau membantu Sam karena merasa tersinggung dan meminta Sam untuk meminta maaf kalau mau dirinya tetap ingin dibantu Oda Mae hahaha, jadi hantu yang diancam hahaha. Disini salah satu adegan kocak yang pasti bikin ketawa hahaha.

4. Oda Mae dan Sam menutup rekening bank

Puncak dari sebab kematian Sam lama-kelamaan terungkap, Sam mengetahui bahwa ini semua karena seseorang ingin memiliki hartanya yang tersimpan dalam sebuah rekening. Sam menelusuri itu semua dan mendapati bahwa dalang dari kematiannya adalah sahabatnya sendiri yaitu Carl. Dengan tega Carl mencoba mengambil harta Sam yang tersimpan dalam rekening itu. Untuk itu Sam berencana menutup rekeningnya agar uangnya tidak bisa dialihkan atau ditransfer oleh Carl yang terus berupaya mendapatkan kode pin akses milik Sam. Karena itu Sam dan Oda Mae mendatangi bank untuk menutup rekening tersebut. Kembali lagi disini ada momen kocak dan membuat ketawa. Dimana Oda Mae diperintahkan Sam untuk menemui pegawai bank yang sudah dikenal Sam ketika masih hidup dan meminta untuk menutup akun rekening. Oda Mae harus mengikuti perkataan-perkataan yang diucapkan Sam yang membuat Oda Mae sedikit kesal hahaha. Seperti Sam adalah pemandu Oda Mae saat itu. Dengan tingkahnya yang bisa berakting, Oda Mae dan Sam akhirnya sukses menutup akses rekeningnya dan sebelumnya uang tersebut dicairkan dalam bentuk cek. Membuat Carl nantinya tidak bisa mengakses rekening Sam yang diincarnya. Selepas keluar bank, Sam dan Oda Mae berjalan di sekeliling kota. Sam melihat ada dua orang yang sedang menggalang donasi untuk orang-orang yang tidak mampu dan tidak memiliki rumah. Sam pun mendapat ide agar uangnya tersebut yang sekarang berupa cek disumbangkan ke penggalangan donasi. Tentunya itu membuat Oda Mae kaget hahaha, untuk apa uang sebanyak 4 juta Dollar itu disumbangkan. Disini lagi-lagi momen kocak Oda Mae yang membuat kita akan tertawa hahaha. Oda Mae merasa berat hati dengan keinginan Sam yang ingin menyumbangkan semua uangnya itu. Mereka sempat bertengkar kembali hahaha. Dan pada akhirnya, Oda Mae dengan berat hati memberikan cek tersebut ke penggalang donasi sampai-sampai tangannya tak rela memberikan cek tersebut. Dipegang dengan kuatnya cek tersebut namun Sam menasehati Oda Mae dengan berkata “bayangkan surga Oda Mae, kau akan masuk surga karena ini, lagian uang inilah yang membuatku tewas”. Oda Mae pun kesal dan pergi meninggalkan Sam saat itu dan berharap Sam tidak menemuinya lagi hahaha. Oda Mae ngambek ceritanya hahaha.

5. Akhir pertemuan antara Sam dan Oda Mae

Setelah menutup akun rekeningnya, dilain sisi Carl sahabat Sam terus-menerus mencoba memasukkan kode pin akses milik Sam yang sudah Dia dapati. Namun dicoba berapa kali pun, pin akses itu akan tertolak karena akun rekeningnya sudah ditutup duluan oleh Sam melalui Oda Mae. Membuat Carl frustrasi, Sam yang ada disitu mencoba menggangu Carl yang sedang mengutak-atik komputer berharap pin akses rekening bisa terbuka. Carl menjadi ketakutan dan pergi karena gangguan yang dilakukan Sam. Karena kesal dan mengetahui bahwa ternyata akun bank sudah ditutup oleh Oda Mae. Carl dan perampok bayarannya berupaya mendatangi kediaman Oda Mae untuk memberi pelajaran. Sam yang mengetahuinya langsung bergegas ke kediaman Oda Mae untuk memberi tahu bahwa dirinya dalam bahaya karena Carl mengincarnya. Oda Mae pun takut dan berupaya sembunyi sebelum Carl datang. Akhir cerita, Carl mendapati kecelakaan yang membuat dirinya tewas dan perampok yang membuat Sam kehilangan nyawanya pun tewas tertabrak karena lari dari ketakutan. Adegan penutup antara Sam dan Oda Mae begitu haru, dimana Sam sebelum pergi ke alam baka karena sudah dijemput seperti cahaya terang bak Malaikat, Sam mengucapkan banyak terima kasih kepada Oda Mae atas pertolongannya selama ini. Beginilah kira-kira dialog perpisahan Sam dengan Oda Mae:

Oda Mae : Sam, mereka menunggumu, Sam?

Sam : Selamat tinggal, Oda Mae. Aku akan merindukanmu. Ibu mu pasti bangga dengan mu.

Oda Mae : Saya juga akan merindukanmu, Sam. Sekarang kau akan tenang dan baik-baik saja.

Begitulah pertemanan antara Sam dan Oda Mae bisa dibilang gak semuanya lucu dan kocak namun ada juga scene yang sedih seperti diakhir filmnya ketika mereka akan berpisah. Justru scene atau adegan mereka berdua memberikan kenangan tersendiri bagi film ini selain kisah cinta antara Sam dan Molly. Ya, bisa dibilang film yang bergenre horor romantis ini tidak semuanya sedih-sedihan namun juga terselipkan komedi dan humor yang membuat kita terhanyut dalam perasaan campur aduk antara sedih, penasaran, takut, juga sampai tertawa. Sekian deh tulisan ini semoga bisa menghibur dan kalau perlu nonton film Ghost biar gak penasaran.


Terima kasih...

Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

LEBIH MENGENAL INFJ

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE

DARI AQUASCAPE KE AQUARIUM IKAN MAS KOKI