QUOTE SAMWISE GAMGEE DALAM FILM LORD OF THE RINGS

QUOTE SAMWISE GAMGEE DALAM FILM LORD OF THE RINGS


Salah satu tokoh penting dalam perjalanan kisah Lord of The Rings. Tokoh dari bangsa Hobbit yang bernama Samwise Gamgee. Dalam film Lord of The Rings karakter ini diperankan oleh Sean Astin. Karakter yang polos, setia, baik hati dan berani ini yang menemani Frodo Bagins dalam mengarungi perjalanan untuk menghancurkan cincin terkutuk Sauron di Gunung Doom Mordor. Peran Samwise Gamgee memang tak terlalu terlihat bila orang-orang tak melihatnya secara langsung tapi Frodo sebagai pembawa cincin adalah orang yang sangat kagum dengan kawannya satu ini. Frodo merasakan betul peran Sam bagi dirinya. Sam bagi Frodo adalah kawan sejati yang baik hati, bersemangat, penuh kesetiaan dan sangat berani. Sam-lah orang yang selalu menyemangati Frodo, melindungi Frodo dan mengingatkan Frodo ketika kehilangan kontrol karena pengaruh cincin terkutuk Sauron.

Dalam perjalanan menuju Mordor, Sam dan Frodo saling berbagi cerita dan saling menyemangati satu sama lain bahkan pernah bertengkar. Namun Sam adalah karakter yang sabar dan mampu mengendalikan keadaan apabila diantara mereka bertengkar. Perjalanan panjang itu pun terselip beberapa kata-kata bijak atau quote yang dikatakan Frodo dan Sam. Dan kali ini saya ingin menulis salah satu quote dari Samwise Gamgee yang menurut saya sangat berkesan dan membuat saya tak pernah lupa sampai sekarang. Quote ini diucapkan Sam saat di film Lord of The Rings : Two Tower ketika hampir diakhir film tersebut saat mereka yaitu Frodo dan Sam tertangkap oleh pasukan pengintai Gondor yang dipimpin Kapten Faramir. Ketika itu Frodo dan Sam begitu kebingungan, ketakutan dan pesimis melihat keadaan yang begitu dikuasai kegelapan padahal mereka harus membawa cincin terkutuk tersebut ke Mordor untuk dihancurkan di Gunung Doom. Pada saat itulah Sam mengucapkan sebuah kalimat yang menyentuh dan memberikan semangat untuk Frodo dan dirinya agar tetap tegar dalam mengarungi misi yang sangat berbahaya tersebut. Seperti inilah quote Sam yang terkenal dan pasti LOTR Lover tahu:

“I know. It's all wrong. By rights we shouldn't even be here. But we are. It's like in the great stories, Mr. Frodo. The ones that really mattered. Full of darkness and danger, they were. And sometimes you didn't want to know the end. Because how could the end be happy? How could the world go back to the way it was when so much bad had happened? But in the end, it's only a passing thing, this shadow. Even darkness must pass. A new day will come. And when the sun shines it will shine out the clearer. Those were the stories that stayed with you. That meant something, even if you were too small to understand why. But I think, Mr. Frodo, I do understand. I know now. Folk in those stories had lots of chances of turning back, only they didn't. They kept going. Because they were holding on to something.” That there's some good in this world, Mr. Frodo... and it's worth fighting for.” (Samwise Gamgee)

Beginilah kira-kira bila diartikan dalam Bahasa Indonesia quote dari Samwise Gamgee yang menyentuh dan penuh pesan moral:

“Aku tahu. Semuanya salah. Sebenarnya kita tidak seharusnya berada di sini. Tapi disinilah kita sekarang. Ini seperti dalam cerita-cerita hebat, Mr. Frodo. Yang sangat penting. Penuh kegelapan dan bahaya. Dan terkadang Anda tidak ingin tahu akhirnya. Karena bagaimana akhirnya bisa bahagia? Bagaimana dunia bisa kembali seperti semula ketika begitu banyak hal buruk terjadi? Namun pada akhirnya, itu hanyalah sebuah hal yang berlalu begitu saja, bayangan ini. Bahkan kegelapan pun akan berlalu. Hari baru akan datang. Dan saat matahari bersinar, ia akan bersinar lebih terang. Itulah kisah-kisah yang masih melekat pada Anda. Itu berarti sesuatu, meskipun Anda terlalu kecil untuk memahaminya. Tapi Aku rasa, Mr. Frodo, Aku mengerti. Aku tahu sekarang. Orang-orang dalam cerita-cerita itu punya banyak peluang untuk kembali, hanya saja mereka tidak melakukannya. Mereka terus berjalan. Karena mereka berpegang pada sesuatu.” Bahwa masih ada kebaikan di dunia ini, Mr. Frodo… dan itu patut untuk diperjuangkan”.

Saya menulis tentang quote Sam satu ini hanya mencoba untuk menguraikan sedikit banyak makna dari kata-kata Sam tersebut. Yang bagi saya terkandung pesan moral yang menyentuh untuk kehidupan. Saat-saat dunia yang indah ini terkadang terjadi hal-hal buruk yang dilakukan segelintir orang-orang tak bertanggungjawab. Bahkan efeknya kita bisa rasakan karena akibat ulah orang-orang tak bertanggungjawab tersebut. Saat-saat dimana kejahatan menciptakan kekuatan untuk berkuasa namun tidak ada yang bisa melawannya. Saat-saat hidup diatur untuk selalu tunduk dan takut tanpa perlawanan dan semangat. Saat-saat kelicikan bersatu berusaha menyebarkan kekuatannya untuk berkuasa dan menjadi pengontrol kehidupan. Saat-saat keberanian tercerai-berai karena rasa takut dan mencoba melindungi diri masing-masing. Saat-saat kekuatan keberanian untuk melawan diselimuti awan kegelapan yang begitu pekat hingga rasa-rasanya dunia akan dikuasai kejahatan. Tidak ada lagi harapan dan hanya kekalahan.

Rasa-rasanya kita semua tak mau menghadapi keadaan-keadaan buruk tersebut. Rasa-rasanya kita tidak mau hidup dan menjalani saat-saat buruk itu. Suasana yang begitu gelap dan penuh bahaya dimana-mana. Dimana kita selalu merasa takut dan tak bisa bergerak bebas. Mungkin sembunyi adalah jalan terbaik. Hanya berharap bisa menghindar dari kejahatan tersebut agar tidak diperalat dan menjadi pelayannya. Bahkan berharap untuk akhir yang bahagia rasa-rasanya tidak mungkin. Ketika kejahatan dan kegelapan sudah berkuasa. Mereka berkelompok dan bersatu menguasai orang-orang lemah dan menikmati kekayaan alam.

Barangkali, sayup-sayup semangat terdengar agar kita tetap semangat dan jangan takut dari segelintir orang yang masih memiliki keberanian luar biasa. Dan kita mempunyai harapan dari segilintir orang tersebut agar bisa melihat matahari bersinar esok hari. Namun dalam ketakutan, kita tetap bersembunyi dari pasungan kegelapan. Berharap masih ada hari esok dan semua keburukan yang terjadi ini berlalu. Kita banyak dengar dari kisah-kisah heroik para pahlawan dan dari orang-orang yang penuh keberanian. Meskipun dalam keadaan yang begitu penuh risiko, mereka tetap mencoba melawan kejahatan dan keburukan itu. Segelintir orang-orang tadi yang menyerukan perlawanan dan harapan mungkin adalah para pahlawan itu. Sulit untuk mengerti apa yang para pahlawan tersebut pertaruhkan.

Untuk apa semua pengorbanan tersebut, apakah itu ada gunanya ketika keburukan sudah sangat berkuasa dan menyebar?. Apakah semua perlawanan tersebut akan menang dari kekuatan jahat yang begitu nafsu untuk berkuasa?. Sangat sulit untuk dimengerti dan diterima bagi orang-orang yang penuh ketakutan dan hanya sembunyi tentang semua pengorbanan dan keberanian mereka. Namun, pada akhirnya kita mengerti. Semua pengorbanan dan perjuangan mereka. Kita mengerti dan tahu maksud mereka yang tidak pernah mundur dan menyerah bahkan sembunyi dari gejolak kejahatan dan kegelapan yang berkuasa. Kita menjadi tahu bahwa mereka melakukan semua itu karena ada yang patut untuk diperjuangan di dunia ini. Semua ini bukan tentang tempat tinggal atau harta kekayaan bahkan kekuasaan tapi adalah kebaikan. Masih ada hal yang baik di dunia ini dan itu patut untuk diperjuangkan. Mereka tegak berdiri, melawan dan pantang mundur untuk menunjukkan bahwa kebaikan akan mengalahkan kejahatan dan keburukan. Meski harus berkorban hingga tak tersisa. Mereka yang tak mundur sama sekali melawan keburukan dan kejahatan menunjukkan bahwa hal baik akan selalu ada meski diseliputi kegelapan.

Quote dari Samwise Gamgee sangatlah menyentuh bila kita mencoba mencernanya. Pesan yang terkandung begitu mendalam “masih ada hal baik di dunia ini dan itu patut untuk diperjuangkan”. Karakter Hobbit satu ini memang mempunyai keberanian yang besar dari tubuhnya yang kecil. Juga Hobbit-Hobbit lain seperti Frodo, Merry dan Pipin dalam perjalanan pembawa cincin kisah Lord of The Rings. Memberikan kita spill perenungan diri untuk melihat keberanian bukan tentang kuat atau berbadan besar tapi banyak hal lain untuk mencerminkan keberanian salah satunya adalah menjadi baik dan itu yang diperlukan dunia ini.



TERIMA KASIH

Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

LEBIH MENGENAL INFJ

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE

DARI AQUASCAPE KE AQUARIUM IKAN MAS KOKI