5 BAND ROCK DUNIA YANG KEHILANGAN DRUMMERNYA

5 BAND ROCK DUNIA YANG KEHILANGAN DRUMMERNYA


Kehadiran seorang drummer dalam sebuah band merupakan hal yang penting, selain sebagai penjaga tempo dan ritme lagu yang dibawakan juga memberikan warna tersendiri bagi jenis musik dan lagu yang dimainkan. Aliran musik apapun membutuhkan sentuhan seorang drummer agar musik yang dibawakan memiliki karakter tersendiri dan lagu yang dibawakan sebuah band akan lebih terasa dengan permainan drum dari seorang drummer. Banyak kisah yang kita dengar tentang drummer-drummer dari sebuah band besar di dunia. Drummer-drummer tersebut juga memiliki pengaruh yang signifikan baik untuk bandnya bahkan untuk musisi drummer di dunia dalam perkembangannya. Tak heran nama-nama drummer tersebut sangat melekat bagi banyak orang baik para fansnya bahkan penggiat drum.

Kali ini saya mau menulis tentang 5 band musik dunia yang kehilangan drummernya, entah karena drummer tersebut memang keluar, atau dikeluarkan atau juga meninggal dunia. Saya menulis 5 band ini berdasarkan versi saya. Jadi, apabila ada drummer favorit kalian yang tidak masuk dalam daftar ini, saya mohon maaf dan dengan penuh rasa hormat tidak mengurangi rasa kagum saya terhadap drummer favorit kalian. Saya merasa mungkin juga drummer favorit kalian adalah drummer yang saya sukai juga. Langsung saja, berikut 5 band musik dunia yang kehilangan drummernya:

1. AVENGED SEVENFOLD
Band asal California yang terbentuk pada tahun 1999 ini harus kehilangan drummer terbaiknya yang bernama James Owen Sullivan atau yang dikenal dengan nama panggung The Rev pada tahun 2009. The Rev meninggal pada tanggal 28 Desember 2009 dan membuat para fans Avenged Sevenfold terkejut setelah pihak band memposting berita duka tersebut di website mereka.

It is with great sadness and heavy hearts that we tell you of the passing today of Jimmy “The Rev” Sullivan. Jimmy was not only one of the world’s best drummers, but more importantly he was our best friend and brother. Our thoughts and prayers go out to Jimmy’s family and we hope that you will respect their privacy during this difficult time.

Jimmy you are forever in our hearts.

We love you.
M Shadows, Synyster Gates, Zacky Vengeance and Johnny Christ


Bukan hanya para fans yang merasa kehilangan sosok tak tergantikan The Rev melainkan seluruh drummer di dunia pun kehilangan sosoknya. Jimmy “The Rev” Sullivan bukan saja menjadi drummer Avenged Sevenfold melainkan juga seorang drummer yang berpengaruh bagi banyak drummer di dunia khususnya drummer-drummer muda. Kepergian The Rev yang masih sangat muda di umurnya yang ke 28 tahun sangat disayangkan sekali. Drummer yang sangat berbakat ini merupakan salah satu pendiri Avenged Sevenfold. Dalam perjalanannya bersama band, The Rev bukan saja memainkan drum tapi beberapa kali dirinya mengisi posisi sebagai backing vocal dan memainkan piano di beberapa lagu Avenged Sevenfold. Permainan drumnya yang unik dan atraktif menghasilkan karya yang luar biasa untuk dinikmati pencinta musik metal. Karena sangat berpengaruhnya The Rev di tubuh Avenged Sevenfold, sehingga ketika band harus menerima kehilangan The Rev membuat kondisi band menjadi terombang-ambing pada tahun 2009. Dimana pada saat itu juga Avenged Sevenfold sedang menggarap album terbaru, tentunya bersama The Rev sebagai drummer. Namun takdir berkata lain, Jimmy “The Rev” Sullivan meninggal dunia sebelum album selesai. Menurut yang pernah saya baca, setelah kematian The Rev yang sangat membuat duka mendalam terutama bagi para anggota band lainnya. Ada pikiran dari semua personil band untuk tidak melanjutkan band ini dalam artian mereka hampir saja bubar. Avenged Sevenfold hampir saja bubar setelah kematian The Rev karena mereka sempat vakum selama 6 bulan meratapi kematian sahabat terbaik mereka juga drummer terbaik mereka. Album baru yang sedang dijalankan band seperti tidak ada artinya tanpa kehadiran Jimmy “The Rev” Sullivan.

Avenged Sevenfold adalah Jimmy. Dan Jimmy adalah Avenged Sevenfold. Tanpa Jimmy, kami tidak tahu harus bagaimana dan apakah kami bisa melanjutkan ini semua sementara duka kematiannya masih sangat membekas bagi kami.

Begitulah kira-kira pernyataan para personil Avenged Sevenfold menanggapi soal kematian The Rev yang membawa duka yang sangat mendalam. Jimmy bukan hanya drummer melainkan juga salah satu pendiri band tersebut. Kontribusi Jimmy sangat totalitas untuk band. Ia bukan hanya bermain drum tapi juga menulis lagu, memainkan piano bahkan ikut bernyanyi di beberapa lagu Avenged Sevenfold sebagai backing vocal. Kekhasannya bermain drum dalam lagu-lagu Avenged Sevenfold banyak diikuti dan di cover drummer-drummer lain di dunia. Itu juga yang membuat Jimmy menjadi salah satu drummer yang berpengaruh di dunia. Hingga pada akhirnya, menurut yang saya baca juga, pihak keluarga jimmy, kalau tidak salah orang tua jimmy datang kepada band agar mereka tetap melanjutkan band Avenged Sevenfold dan menyelesaikan album terbaru mereka walaupun tanpa Jimmy. Para personil band harus melanjutkan warisan Jimmy tersebut dan tetap tampil untuk menghibur para fans di dunia. Hingga akhirnya setelah kesepakatan dan semangat serta motivasi yang diberikan keluarga Jimmy, Avenged Sevenfold tetap melanjutkan karyanya dan merampungkan album terbarunya yang berjudul Nightmare sebagai penghormatan kepada mendiang sang drummer Jimmy “ The Rev” Sullivan. Dan lagu So Far Away merupakan lagu memoriam untuk Jimmy. Kekosongan bangku drummer di Avenged Sevenfold berturut-turut di isi oleh Mike Portnoy, kemudian Arin Ilejay dan setelahnya Brooks Wackerman.

2. SLIPKNOT
Slipknot adalah band yang berasal dari Des Moines, Iowa yang terbentuk tahun 1995. Band yang beraliran heavy metal atau Nu Metal dengan kostum panggung yang khas dengan topengnya terdiri atas 9 personil. Slipknot merupakan salah satu band metal besar di dunia dan berpengaruh. Kehadirannya selalu ditunggu para fansnya dan penikmat musik metal di dunia. Sayangnya berita duka datang pada tanggal 24 Mei 2010, dimana sang bassist yaitu Paul Gray meninggal dunia. Duka mendalam pun dirasakan semua personil Slipknot kala itu. Mereka pun sering melakukan tribute di atas panggung ketika konser untuk bassist mereka yang telah berpulang yaitu Paul Gray. 3 tahun kemudian, tahun 2013 drummer Slipknot yaitu Nathan Jonas “Joey” Jordison tanpa alasan yang jelas keluar dari band yang didirikannya.

To our Maggots and fans around the world,

It is with great pain but quiet respect, that for personal reasons Joey Jordison and Slipknot are parting ways: We all wish Joey the best in whatever his future. holds. We understand that many of you will want to know how and why this has come to be, and we will do our best to respond to these questions in the near future it is our love for all of you, as well as for the music we create, that spurs us to continue on and move forward with our plans for releasing new material in the next year, We hope that all of you will come to understand this, and we appreciate your continued support while we plan the next phase of the future of Slipknot

Thank you,
The Knot


Begitulah pengumuman keluarnya Joey Jordison dari Slipknot yang di posting dalam web resmi band pada tahun 2013. Keluarnya Joey Jordison dari drummer Slipknot mengundang tanda tanya besar dikalangan fans dan pemerhati musik. Karena Joey Jordison sudah sangat melekat dengan Slipknot. Cara bermain drumnya, energiknya ketika performance membuat fans kaget atas pemberitaan akan keluarnya Joey dari Slipknot. Semua drummer di dunia mungkin tahu Joey Jordison. Bagi saya sendiri, Joey merupakan salah satu drummer berpengaruh di dunia. Cara bermainnya, beat-beat yang diciptakan dalam lagu Slipknot sangat khas dan terasa bahwa itu sangat Joey banget. Banyak pemberitaan bahwa Joey Jordison dikeluarkan atau dipecat dari Slipknot. Ini kabar dan berita yang membuat saya agak gusar dan cukup aneh mendengarnya, juga membacanya. Karena Joey sudah sangat melekat dengan Slipknot dan salah satu pendiri awal band ini. Cukup aneh bila dirinya dipecat atau barang kali mungkin juga. Tapi saya pernah menonton video klarifikasi dari Joey Jordison sendiri, entah dimana saya lupa, yang pasti di youtube. Dan juga saya membaca di beberapa forum fans Slipknot bahwa Joey Jordison tidak merasa dikeluarkan atau dipecat. Ia merasa hanya keluar dari Slipknot. Itu pilihan Joey sendiri dengan berat hati keluar dari Slipknot secara diam-diam karena dirinya sangat mencintai band Slipknot. Dan Slipknot adalah bagian dari hidupnya dan merupakan keluarganya. Joey Jordison merasa tidak kuat untuk berbicara atas keluarnya dari Slipknot. Ia selalu ingin bersama Slipknot sampai kapanpun tapi Ia mempunyai keterbatasan pada saat itu yang membuat dirinya tidak ingin menjadi beban teman-temannya di band. Joey bilang pada saat itu yang masih saya ingat bahwa Slipknot akan tetap Slipknot. Aliran musiknya dan lagu-lagunya yang cepat dan atraktif dengan gaya Slipknot. Joey Jordison merasa sudah tidak bisa mengimbangi lagi Slipknot dengan gaya khasnya yang energik dan atraktif, penuh kecepatan. Ia tidak ingin menghambat dan menjadi beban Slipknot kedepannya karena keterbatasannya. Hingga dia memutuskan untuk keluar dari band. Yang saya tangkap dari klarifikasi Joey Jordison di video atau di tulisan artikel fans Slipknot. Saya sendiri masih ambigu dengan pernyataan Joey yang merasa dirinya menjadi beban untuk Slipknot karena mempunyai keterbatasan. Hingga akhirnya saya tahu bahwa misteri keluarnya Joey dari Slipknot setelah kematiannya pada 26 Juli 2021. Ini versi saya tanpa mengurangi rasa kagum saya yang luar biasa pada Joey Jordison bahwa mungkin saja maksud keluarnya Joey dari Slipknot pada tahun 2013 adalah karena dia sudah menderita penyakit yang membuat dirinya tidak bisa bermain drum seperti sebelum-sebelumnya. Joey tidak bisa lagi bermain drum secara berapi-api seperti yang kita kenal saat dirinya performance untuk Slipknot. Joey lebih memilih keluar dari Slipknot karena dirinya tidak bisa lagi memainkan lagu-lagu Slipknot yang penuh andrenalin dan tempo cepat sehingga dirasa dirinya akan menjadi beban band dan menghambat kemajuan band karena Joey bilang bahwa Slipknot akan tetap menjadi Slipknot. Joey yang sudah mempunyai keterbatasan kesehatan karena menderita suatu penyakit lebih memilih untuk keluar dari band yang sangat dicintainya itu. Sedih banget dan salut banget dengan pengorbanan Joey Jordison untuk Slipknot. Thank you Legend, Rest In Peace Joey Jordison. Hingga kini posisi drummer Slipknot di isi oleh Jay Weinberg yang lebih muda dan bertalenta. Dalam beberapa konser, Slipknot menunjukkan penghormatannya untuk mendiang Paul Gray (#2) dan Joey Jordison (#1) dengan menampilkan nomor khas mereka masing-masing di layar panggung. Sedih dan terharu banget.

3. DREAM THEATER
Band yang dibentuk tahun 1985 dengan aliran progressive rock-nya ini memang sudah tidak asing lagi untuk para penikmat musik rock di dunia. Dream Theater bisa dikatakan salah satu band progressive rock paling berpengaruh di dunia. Lagu-lagu dengan durasi yang panjang dan permainan instrumen musik dari setiap personilnya yang memukau. Karena menampilkan skill-skill terbaik dan khas ala Dream Theater di setiap lagu-lagunya. Membuat Dream Theater menjadi salah satu referensi untuk pemusik dalam menambah ilmu musiknya terutama instrumen musik seperti drum, bass, gitar dan keyboard. Nama-nama seperti Mike Portnoy (drummer), Jordan Rudess (Keyboardist), John Myung (Bassist), James LaBrie (vokalis) dan John Petrucci (Gitaris) sudah tidak asing lagi dibenak pencinta music rock. Skill permainan mereka menjadi salah satu inspirasi bagi pemusik muda dalam belajar instrumen musik. Namun kabar mengejutkan datang pada tahun 2010 ketika drummer mereka yaitu Mike Portnoy memutuskan keluar dari band yang didirikannya tersebut. Kejadian tersebut sontak mengejutkan para fans dan pencinta musik rock. Desas desus keluarnya Portnoy dari Dream Theater juga menjadi pemberitaan yang bisa dibilang viral di dunia musik terutama rock pada saat itu. Banyak kabar yang beredar bahwa ada gesekan diantara Mike Portnoy dengan personil lain dalam band. Yang membuat Portnoy memilih keluar dari band yang sudah dibesarkannya sejak 1985 itu. Saya juga pernah membaca bahwa Mike Portnoy bersitegang dengan sang vokalis yaitu James LaBrie karena suatu urusan, entah benar atau tidak. Mungkin itu juga yang membuat Portnoy keluar?. Saya sendiri tidak terlalu melihat ke arah itu karena yang namanya gesekan dan bersitegang sudah hal biasa dalam sebuah regu band, tapi saya juga membaca dari interview langsung dengan Mike Portnoy di salah satu media Amerika dalam suatu kesempatan. Mike Portnoy mengatakan bahwa dirinya keluar dari band karena butuh istirahat atau hiatus yang lebih panjang ketimbang melanjutkan album baru mereka yang terkesan terburu-buru. Mike Portnoy menjelaskan di kesempatan itu yang saya baca bahwa setelah mengadakan tour yang lumayan panjang harusnya band istirahat lebih lama sembari memikirkan album terbaru mereka, namun anggota lain ada yang berargumen bahwa album baru harus tetap di selesaikan secepat mungkin. Itu yang membuat Mike Portnoy merasa tidak sependapat dan ketimbang Mike Portnoy memaksakan diri membuat album dengan kondisi yang “burnout”. Mike merasa lebih baik dirinya keluar dari band daripada memperlambat Dream Theater dalam menyelesaikan album terbaru mereka. Yang bisa saya simpulkan adalah bahwa Mike Portnoy keluar dari Dream Theater karena dirinya perlu waktu rehat lebih lama untuk menyiapkan album terbaru Dream Theater namun pendapat Portnoy berlainan dengan anggota lain band yang menginginkan sebaliknya agar album terbaru Dream Theater segera rampung atau selesai. Alhasil, Mike Portnoy keluar dari Dream Theater yang menurutnya akan selalu menjadi kesayangannya karena Mike Portnoy membesarkannya dengan dedikasi dan perjuangan yang luar biasa dari lahir/berdirinya hingga menjadi seperti sekarang Dream Theater yang kita kenal. Sangat disayangkan sekali dengan keluarnya Mike Portnoy dari Dream Theater namun akhirnya Dream Theater mendapatkan pengganti drummer yang juga skillnya luar biasa yaitu Mike Mangini.

4. LED ZEPPLIN
Band asal Inggris yang dibentuk tahun 1968 beranggotakan Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones dan John Bonham. Led Zepplin adalah legenda band rock di dunia. Bisa dibilang salah satu band yang mencetuskan musik heavy metal dalam perkembangannya. Namun band ini harus bubar pada tahun 1980 karena wafatnya sang drummer mereka John Bonham. John Bonham meninggal pada 25 September 1980 di usianya yang ke 32 tahun dan Led Zepplin sedang berada di puncak popularitasnya. Setelah kematian Bonzo panggilan dari sang drummer, rekan se-band mereka sepakat untuk tidak melanjutkan Led Zepplin tanpa John Bonham. Rasa empati dan kebersamaan mereka sebagai sebuah band sangat terasa sekali. Hingga ketika mereka kehilangan drummer mereka yang meninggal dunia, mereka memutuskan untuk bubar padahal Led Zepplin adalah band rock yang sangat popular di zamannya pada saat itu. Dan menjadi salah satu band rock berpengaruh di dunia. Banyak band-band besar rock atau metal yang terpengaruh musik Led Zepplin. Aliran musiknya dan permainan alat musik dari setiap personilnya pun ikut menjadi influence bagi generasi musik pada saat itu dan setelahnya.

5. THE BEATLES
Band asal Liverpool yang dibentuk tahun 1960 adalah legenda rock and roll musik di dunia. Nama The Beatles begitu popular dan kehadirannya menjadi inspirasi musisi-musisi setelahnya dan juga mempengaruhi perkembangan musik rock dunia. Nama-nama seperti John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr sudah tidak asing lagi bagi pecinta musik rock and roll. Namun ada cerita yang menyedihkan atau mengharukan sebelum The Beatles mencapai popularitas yang tinggi. Yaitu tentang pemecatan atau dikeluarkannya drummer awal mereka sebelum datangnya Ringo Starr. Adalah Pete Best orangnya, ya, drummer awal The Beatles di isi oleh Pete Best awalnya namun perjalanan Pete Best di band tersebut tidak sampai merasakan dimana The Beatles sukses besar dipanggung dunia. Pete dikeluarkan dari band karena kesepakatan personil The Beatles lainnya yang mengungkapkan ketidaksukaan dengan permainan drum dan kepribadian Pete. Pete Best merasa frustrasi mendengar kabar tersebut awalnya, dimana dirinya dikeluarkan begitu saja secara sepihak dari band. Nah, kisah Pete Best juga diceritakan dengan baik dalam buku Mark Manson yang berjudul “Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat”. Dalam buku tersebut, dijelaskan saat-saat Pete Best dikeluarkan dari The Beatles hingga dirinya merasa sangat terpukul bahkan stres dalam beberapa waktu dengan kejadian tersebut. Namun akhirnya Pete Best menemukan jalan hidupnya sendiri yang lebih baik dan bahagia setelah semua yang terjadi. Bahkan Pete Best merasa tidak menyesal keluar dari band besar seperti The Beatles dan justru bersyukur dengan keluarnya dari band tersebut. Karena Pete Best akhirnya menemukan hal yang jauh luar biasa untuk hidupnya setelah keluar dari band yaitu istri yang mencintainya dan buah hatinya yang lucu-lucu serta keluarga yang selalu mendukung dan menyayanginya.

Itulah 5 band rock dunia yang kehilangan drummer mereka. Drummer-drummer tersebut ada yang keluar, dikeluarkan dan meninggal dunia. Drummer-drummer tersebut akan selalu punya tempat di hati para fansnya dan akan selalu dikenang berkat karya-karyanya yang menginspirasi. Demikian tulisan saya dalam blog kali, semoga memberikan pengetahuan dan wawasan tentang drummer-drummer dan band rock dunia.

THANK YOU

Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

LEBIH MENGENAL INFJ

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE

DARI AQUASCAPE KE AQUARIUM IKAN MAS KOKI