QUOTE PALING BIJAK GANDALF DALAM FILM THE HOBBIT

QUOTE PALING BIJAK GANDALF DALAM FILM THE HOBBIT VERSI SAYA


Ketika Gandalf mengadakan pertemuan di Revindell bersama Lord Elrond, Saruman The White dan Lady Galadriel. Pertemuan individu-individu hebat ini untuk mencari kebenaran atas hadir kembalinya pangeran kegelapan Sauron yang ditandai temuan penyihir Radagast The Brown yaitu berupa pedang Morgul yang terkutuk juga membahas tujuan perjalanan para Dwarf yang dipimpin Thorin Oaksenshield menuju Erebor (The Lonely Mountain). Dalam pertemuan tersebut pedang yang ditemukan Radagast dibawa oleh Gandalf The Grey ke pertemuan tersebut sebagai bukti bahwa kekuatan jahat Sauron kembali ke Middle Earth.

Terjadi perseteruan diantara Saruman, Lord Elrond dan Gandalf. Saruman dan Lord Elrond belum yakin dengan apa yang dilihat dan ditemukan Gandalf terkait kehadiran kembalinya Sauron. Bahkan Saruman meyakini Gandalf bahwa yang ditemukannya baik pedang Morgul maupun pengelihatan Radagast atas kemunculan Sauron di Dol Guldur tidak bisa dijadikan kesimpulan bahwa Sauron telah kembali. Saruman The White mengatakan kepada Gandalf bahwa jangan mencari-cari perkara yang sebetulnya tidak ada. Namun tidak dengan Lady Galadriel yang berbeda pendapat dengan Saruman dan Lord Elrond. Dengan kemampuan telepatinya dia berbicara “hati ke hati” dengan Gandalf tanpa didengar oleh Saruman dan Lord Elrond. Lady Galadriel yang terkesan mempunyai hubungan istimewa dengan Gandalf karena bisa saling berkomunikasi dengan kebatinan menilai bahwa Gandalf mempunyai sudut pengelihatan lain terkait eksisnya kekuatan jahat Sauron di Middle Earth. 

Lady Galadriel juga berpesan kepada Gandalf untuk memperkuat bukti-bukti bahwa Sauron sang pangeran kegelapan sudah kembali untuk merencanakan kekuatan jahat menguasai dunia. Sebelum pertemuan itu berakhir, Lady Galadriel berpesan dan berkomunikasi dengan Gandalf, mereka berbicara empat mata. Lady Galadriel bertanya kepada Gandalf sebelum Gandalf melanjutkan perjalanannya bersama Bilbo dan para Dwarf yang dipimpin Thorin Oakenshield.

Lady Galadriel bertanya kepada Gandalf kenapa memilih seorang Hobbit dalam perjalanannya bersama para Dwarf. Mengapa Gandalf memilih Bilbo. Jawab Gandalf dengan begitu bijak. Dan disini adalah kata-kata bijak dari Gandalf yang selalu saya ingat. Jawaban seorang penyihir yang bijak dengan melihat langsung apa yang terjadi di kenyataan dan berada langsung pada situasi tersebut. Gandalf yang sering berpetualang di dunia sebagai salah satu Istari melihat bahwa pada kenyataannya semua hanya berawal dari hal-hal kecil dan bila hal-hal kecil itu dilakukan setiap orang maka hal-hal kecil tersebut akan menjadi hal yang luar biasa. Lanjutnya jawaban Gandalf kepada Lady Galadriel seperti berikut:

Versi English

Galadriel: Mithrandir, why the halfling?

Gandalf: I don't know. Saruman believes it is only great power that can hold evil in check, but that is not what I have found. I've found it is the small things; everyday deeds of ordinary folk that keeps the darkness at bay... simple acts of kindness, and love. Why Bilbo Baggins? Perhaps it is because I am afraid... and he gives me courage.

Galadriel: Do not be afraid, Mithrandir. You are not alone. If you ever need my help, I will come.

Versi Indonesia

Lady Galadriel: Mithrandir, kenapa memilih seorang Hafling/Hobbit?

Gandalf: Saya tidak tahu. Saruman percaya bahwa hanya kekuatan besar yang mampu mengalahkan kejahatan. Tapi bukan itu yang saya temukan. Yang saya temukan adalah hal-hal kecil yang dilakukan oleh orang-orang biasa yang bisa mencegah dan menghalangi kejahatan itu sendiri. Hal-hal kecil itu adalah kebaikan dan cinta. Kenapa Bilbo Baggins? Mungkin karena saya takut dan dia memberikan saya semangat.

Lady Galadriel: Jangan takut, Mithrandir. Kau tidak sendiri. Bila kau membutuhkanku, aku akan datang membantumu.

Sembari tersenyum manis Lady Galadriel menatap Gandalf dan menggenggam tangan penyihir tersebut dan kemudian menghilang. Lady Galadriel adalah ratu Elf yang paling terkenal dan kuat dalam kisah Middle Earth. Dia bisa datang dan menghilang kapan saja dengan kemampuannya. Setelah pertemuan tersebut, Gandalf menyusul Bilbo dan para Dwarf yang sudah pergi terlebih dahulu meninggalkan Revindell.

Kata-kata Gandalf yang sangat bijak bagi saya dan selalu saya ingat bahkan sampai sekarang dan akan terus saya ingat. Bahwasanya banyak orang yang skeptis hanya kekuatan yang besar yang bisa mengalahkan kejahatan. Hanya dengan kekuasaan besar atau jabatan tinggi yang bisa mengalahkan serta menghukum kejahatan, keburukan dan kegelapan dalam kehidupan ini. Padahal tidak selalu benar kesan tersebut. Seperti apa yang dikatakan Gandalf dengan pengelihatannya langsung di kenyataan yang hidup berdampingan dengan orang-orang disekitarnya dan merasakan langsung kehidupan sehari-hari penduduk di dunia Middle Earth dengan petualangannya. 

Bahwa apa yang Gandalf lihat tidak seperti kesan di atas yaitu hanya kekuatan besar yang mampu mengalahkan kejahatan. Tetapi hal-hal kecil yang dilakukan orang-orang biasa yang justru membuat kejahatan tersebut terhalangi dan tidak muncul/tidak eksis. Gandalf mengatakan hal-hal kecil itu adalah kebaikan dan cinta. Benar sekali bahwa andai saja setiap orang memahami kata-kata Gandalf dan melihat kehidupan sehari-hari yang hampir selalu terjadi tindak kejahatan di pemberitaan media-media. Bila saja setiap orang mengerti bahwa kejahatan itu bisa dihalangi dan dicegah dengan merenungkan kata-kata Gandalf seperti berbuat kebaikan antar sesama dan melakukan sesuatu dengan cinta tanpa ada rasa benci, dendam, dusta, iri dan sifat buruk lainnya. Maka tanpa harus dikalahkan, kejahatan itu bahkan tidak akan ada atau eksis karena semua orang hidup dalam kebaikan dan cinta. 

Tidak perlu dengan kebaikan dan cinta yang besar seperti menolong dengan uang yang banyak tetapi dengan menolong hal-hal kecil untuk sesama dan kebiasaan-kebiasaan baik yang kecil seperti contohnya peduli kepada orang yang belum makan, memberi sebagian rezeki kita kepada orang yang tidak mampu, selalu menebarkan senyum dan menghormati juga menghargai sesama, saling memberi tahu satu sama lain bila tidak mengetahui hal-hal tertentu dan tidak perlu menghakimi. Dan perlakukan sesama dengan baik dan dengan ketulusan. 

Bila saja itu dilakukan maka setiap orang bisa merasakan kebaikan diantara sesamanya dan andai saja ada kejahatan yang akan dilakukan seseorang namun dibalas dengan perlakuan yang baik mungkin saja seseorang yang berniat jahat tersebut menjadi sadar dan tidak jadi melakukan kejahatan. Memang sangat teoritis tulisan saya tapi saya pun yakin bila hal tersebut disadari oleh setiap orang maka dunia ini akan jauh lebih baik. Dan kejahatan bisa dicegah dan dihalangi.

Lanjut Gandalf mengatakan jawabannya memilih Bilbo Baggins dalam petualangannya bersama Dwarf adalah karena Gandalf merasa takut dan Bilbo memberikan semangat pada dirinya. Maksudnya apa ya?. Bagi saya maksud Gandalf menjawab dengan kalimat tersebut adalah menyimbolkan bahwa Gandalf yang mempunyai kekuatan sebagai penyihir pun merasa takut dengan keadaan yang ada dan rintangan yang akan dihadapinya. Dengan melihat manusia kecil seperti Bilbo seolah Gandalf mengintrospeksi dirinya sendiri dan meyakinkan dirinya bahwa Bilbo yang seorang Hobbit atau manusia kecil saja berani mengambil keputusan untuk berpetualang dan mengobarkan semangat jiwa petualangnya. 

Dengan melihat Bilbo, Gandalf seperti merefleksikan dirinya untuk mengatasi ketakutannya terhadap hal-hal yang akan menjadi rintangannya atau pikiran yang mengganggunya. Untuk menjadi berani dan bersemangat seperti Bilbo yang seorang Hobbit. Karena Bilbo manusia kecil biasa yang tidak mempunyai kekuatan saja berani dan bersemangat dan itu seperti menjadi pelajaran secara tidak langsung bagi Gandalf dalam menjalani petualangan ini bersama para Dwarf. 

Pesan moralnya adalah ketika kita merasa takut dalam menjalani kehidupan, merasa kekurangan, merasa tidak pantas, merasa selalu gagal. Kita perlu melihat suatu sosok dalam kehidupan ini dengan cerita-cerita yang luar biasa dari orang-orang yang tak biasa. Misalnya kita selalu merasa kekurangan dengan segala yang kita miliki padahal kita memiliki tubuh yang sempurna seperti tinggi badan yang proporsional, tangan yang lengkap, kaki yang lengkap, mata yang sehat dan seluruh anggota tubuh kita yang baik dan sehat. Namun apakah pernah kita melihat orang-orang yang tidak sesempurna kita anggota tubuhnya bahkan memiliki kekurangan dari segi fisik dan mereka hidup dengan perjuangan yang justru lebih berat dari diri kita yang sempurna. 

Untuk itulah dengan melihat mereka yang tidak sesempurna kita dan perjuangan mereka, kita bisa mengambil pelajaran bahwa penilaian apapun yang buruk dari diri kita sendiri yang sempurna seperti merasa kekurangan, merasa ketakutan, merasa tidak beruntung. Dengan melihat perjuangan mereka yang tidak sempurna disekitar, kita bisa mengubah segala rasa ketidakbersyukuran kita menjadi hal yang positif yang harus kita syukuri. Dan segala ketakutan kita menjadi ketakutan yang harus dilawan dan kembali bersemangat dalam menjalani kehidupan seperti mereka yang tidak seberuntung dan sesempurna diri kita. Jawaban Gandalf terkesan singkat namun memiliki makna yang mendalam.

Percakapan antara Gandalf dan Lady Galadriel tersebut mempunyai banyak makna yang mendalam bagi saya. Mungkin karena mereka adalah makhluk bijak dalam kisah tersebut. Lady Galadriel atau bisa disebut juga Lady of Lorien adalah ratu Elf yang bijak dengan segala pengalaman hidupnya yang panjang dan banyak menghabiskan waktu untuk berjuang dalam kisah Middle Earth. Gandalf The Grey bisa disebut juga Mithrandir adalah penyihir abu-abu yang bijak dan salah satu golongan Istari (kaum penjelajah) dalam kisah Middle Earth. 

Mereka mempunyai kedekatan yang misterius bagi saya sendiri dan saya masih mencari tahu keterkaitan antara mereka yang membuat mereka mempunyai hubungan khusus yang menurut saya juga sangat dekat. Karena Lady Galadriel bisa berkomunikasi secara batin dengan Gandalf baik secara jauh maupun dekat tanpa didengar orang-orang disekitarnya. Empati dan simpati Lady Galadriel terhadap Gandalf sangat tinggi dan seolah mereka pernah merasakan perjuangan bersama yang membuat mereka saling mengenali, memahami dan melindungi satu sama lain. Entah jauh sebelum kisah The Hobbit dan The Lord of The Rings mereka sudah saling mengenal terlebih dahulu dan mempunyai pengalaman dan petualangan bersama diantara mereka. Menarik sekali melihat hubungan diantara ratu Elf dan Istari satu ini. Kalian yang menonton film The Hobbit dan The Lord of The Rings apakah punya kesan yang sama seperti saya terhadap hubungan antara Galadriel dan Gandalf ?

Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

LEBIH MENGENAL INFJ

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE

DARI AQUASCAPE KE AQUARIUM IKAN MAS KOKI