KATA-KATA BIJAK GANDALF DALAM FILM THE LORD OF THE RING

KATA-KATA BIJAK GANDALF DALAM FILM THE LORD OF THE RINGS


Masih ingat ketika para rombongan Fellowship of The Ring pada trilogi pertama film The Lord of The Rings. Ya, ketika rombongan yang terdiri dari Gandalf, Aragorn, Legolas, Gimli, Boromir, Frodo, Sam, Merry, dan Pippin tersesat di dalam tambang Moria. Gandalf yang berusaha mencari jalan keluar untuk mereka semua dalam kegelapan tambang Moria namun mengalami sedikit masalah karena Gandalf lupa jalan yang ada sekitar tambang tersebut. Karena Gandalf sudah sangat lama tidak berkunjung ke Moria. Gandalf pun memberhentikan sejenak para rombongan agar dirinya bisa mengingat kembali jalan-jalan yang ada di tambang tua tersebut. 

Ketika duduk sejenak sambil mengingat-ingat, Gandalf mendapat info dari Frodo bahwa dirinya melihat sosok misterius di bawah goa. Frodo yang kaget melihat sosok tersebut bertanya ke Gandalf siapa sosok tersebut. Gandalf menjawab bahwa itu adalah Gollum yang telah mengikuti mereka selama tiga hari terakhir. Gollum adalah seorang Hobbit sama seperti Frodo. Gollum menjadi seperti itu karena kutukan cincin Sauron yang pernah disimpannya sebelum jatuh ke tangan Bilbo. 

Frodo mengatakan bahwa Gollum seharusnya dipenjara di Barad Dur dan kenapa Gollum bisa kabur. Lalu Gandalf mengatakan “kabur dari penjara atau sengaja dilepaskan”. Karena Gollum sangat terobsesi dengan cincin tersebut yang pernah dimilikinya dan sekarang dia pasti akan mengejar cincin tersebut kemanapun cincin tersebut dibawa pergi.

Pada saat momen itulah, ada dialog antara Frodo dan Gandalf yang sangat berkesan dalam film The Lord of The Rings. Banyak yang kagum dengan kata-kata bijak dari Gandalf saat berbincang antara dirinya dengan Frodo. Selain untuk menenangkan hati Frodo yang merasa takut dan khawatir karena dirinya adalah pembawa cincin terkutuk tersebut. Kata-kata Gandalf juga seperti nasihat yang bijak bagi semua orang yang masih hidup. Berikut adalah dialog antara Frodo dan Gandalf The Grey ketika di tambang Moria.

Versi Inggris

Frodo: 'It's a pity Bilbo didn't kill Gollum when he had the chance.'

Gandalf: 'Pity? It's a pity that stayed Bilbo's hand. Many that live deserve death. Some that die deserve life. Can you give it to them, Frodo? Do not be too eager to deal out death in judgment. Even the very wise cannot see all ends. My heart tells me that Gollum has some part to play in it, for good or evil, before this is over. The pity of Bilbo may rule the fate of many.'
 
Frodo: 'I wish the Ring had never come to me. I wish none of this had happened.'

Gandalf: 'So do all who live to see such times, but that is not for them to decide. All we have to decide is what to do with the time that is given to us. There are other forces at work in this world, Frodo, besides that of evil. Bilbo was meant to find the Ring, in which case you were also meant to have it. And that is an encouraging thought.”

Versi Indonesia

Frodo: Sayang sekali Bilbo tidak membunuh Gollum saat dia punya kesempatan.

Gandalf: Sayang sekali?. Sayang sekali cincin tersebut bisa sampai jatuh ke tangan Bilbo. Banyak yang hidup pantas mati. Dan beberapa yang mati layak untuk hidup. Bisakah kau memberikannya kepada mereka, Frodo?. Jangan terlalu mudah untuk menghakimi takdir seseorang, apalagi berkaitan dengan mati dan hidup. Bahkan yang bijak pun belum tentu tahu bagaimana pada akhirnya. Hatiku berkata bahwa Gollum masih mempunyai peran dalam perjalanan ini, entah itu baik atau jahat. Sebelum ini semua berakhir. Rasa kasih Bilbo mungkin menentukan nasib banyak orang.

Frodo: Aku harap cincin ini tidak pernah datang kepadaku. Aku harap ini semua tidak pernah terjadi

Gandalf: Demikian juga mereka semua yang masih hidup tapi bukan mereka yang bisa menentukan. Yang bisa kita tentukan adalah apa yang harus kita lakukan dengan waktu yang diberikan kepada kita. Ada kekuatan lain yang bergerak di dunia ini, Frodo, selain kekuatan jahat. Bilbo dimaksudkan untuk menemukan cincin itu, dan dalam hal ini kau juga dimaksudkan untuk memilikinya. Dan itu adalah pemikiran yang memberikan semangat.

Percakapan atau dialog ini adalah salah satu percakapan yang mengandung kata-kata bijak dari Gandalf dan dengan iringan musik yang khas The Lord of The Rings menambah suasana yang tenang dan memorable. Frodo yang merasa seperti khawatir dengan semua yang terjadi dan berharap dirinya tidak pernah mendapat cincin terkutuk yang diberikan pamannya yaitu Bilbo. Apalagi bahwa dirinya mendapati kehadiran Gollum yang memata-matai perjalanan mereka dengan tujuan untuk merebut cincin tersebut dari Frodo semakin membuat Frodo takut dan waspada.

Akhirnya Frodo mengungkapkan kegelisahannya kepada Gandalf. Gandalf penyihir bijak yang melihat rasa gelisah dalam hati dan pikiran Frodo berupaya menenangkan Frodo dengan penjelasan dan jawaban yang bijak. Pesan Gandalf kepada Frodo dan juga related dengan kehidupan dan untuk kita semua bahwa:

1. Jangan terlalu mudah untuk menghakimi takdir seseorang. Benar banget kalau ini, manusia sekarang gampang sekali menentukan dan menghakimi takdir seseorang seperti dirinya Tuhan saja. Apalagi menyumpahi seseorang untuk mati karena seseorang tersebut lebih layak mati ketimbang kalau hidup justru menyusahkan. Berkenaan takdir seseorang bahkan Gandalf berkata bahwa bahkan yang paling bijak pun tidak bisa mengetahui takdir seseorang.

2. Setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Kadangkala banyak orang lebih mengutamakan emosional yang negatif ketika mendapat kejadian atau keadaan yang buruk menimpa dirinya. Kalau saja orang bersabar sejenak dan berpikir bahwa semua kejadian pasti ada hikmah atau pelajaran yang bisa dipetik agar menjadi lebih baik. Seperti apa yang terjadi pada Frodo yang berpikiran bahwa seharusnya pamannya Bilbo membunuh Gollum ketika mendapat kesempatan agar Gollum tidak lagi mengejar-ngejar cincin tersebut dan membahayakan Frodo nantinya. Namun Gandalf dengan bijak memutar paradoksnya yaitu kenapa juga cincin tersebut jatuh ketangan Bilbo dan Gandalf mengatakan bahwa ketika Bilbo bisa saja membunuh Gollum pada saat itu namun memilih untuk menghasihaninya dan akhirnya tidak menjadi membunuh Gollum. Mungkin saja rasa kasih Bilbo pada saat itu akan menentukan nasib banyak orang. Dari situ kita belajar banyak, apalagi yang sudah menonton film The Lord of The Ring dan The Hobbit. Bahwa takdir adanya Gollum dalam perjalanan kisah Frodo menghancurkan cincin Sauron tidak terlepas bantuan Gollum yang dikenal dengan nama Smeagol.

3. Semua yang sudah terjadi biarlah terjadi dan jangan jadikan penyesalan. Betul sekali, pesan ini bisa kita dapatkan dari dialog antara Frodo dan Gandalf. Dimana Frodo menyesal semua terjadi seperti yang dirinya rasakan sebagai pembawa cincin malapetaka dan kesusahan yang akan dia hadapi. Namun Gandalf menasehati dengan bijak Frodo dengan mengatakan bahwa hal-hal yang buruk dan tidak enak memang semua orang juga menginginkan agar itu tidak terjadi. Tapi semua orang termasuk kita tidak bisa menentukan agar hal-hal buruk itu tidak terjadi karena adanya sang pencipta yang sudah merencanakan yang akan terjadi. Tapi yang bisa kita lakukan adalah apa yang harus kita tentukan terhadap waktu yang diberikan kepada kita. Disini pesan yang sangat baik. Bahwa kita selama diri kita dianugerahi waktu dalam artian kesempatan masih hidup, umur yang panjang, kita harus menentukan pilihan yang baik dan berbuat baik agar waktu kita yang singkat ini bermanfaat dan berguna bagi sesama. Dengan menentukan menjadi seorang yang baik pasti akan mendatangkan kebaikan bagi sesama dan sebaliknya bila kita memutuskan menjadi seorang yang buruk dari sikap dan tujuan maka akan mendatangkan keburukan bagi kehidupan. Pesan Gandalf kepada kita adalah mana yang harus dipilih agar kita bisa hidup dalam damai dan ketenangan. Memilih untuk menjadi seorang yang baik atau menjadi seorang yang jahat. Tentunya kita harus jadi orang-orang yang baik yang bisa menggunakan waktu hidup yang singkat kita ini agar mendatangkan kebaikan bersama. Sebelum nantinya kita kembali ke sisi sang pencipta.

4. Ada kekuatan lain yang bergerak selain kekuatan jahat. Berhubungan dengan poin ketiga, memang kejahatan dan kebaikan seperti berdampingan. Semestinya tidak begitu. Jika saja manusia menurunkan egonya dan memilih untuk dijalan kebaikan. Dan dimulai dengan kebaikan yang kecil saja. Kejahatan tidak akan bisa banyak menguasai kehidupan. Kehadiran iblis yang diciptakan untuk menghasut dan menjerumuskan manusia memang tidak bisa dibantah. Mereka yaitu iblis memang ada namun selama manusia menempuh jalan kebaikan dan melakukan kebaikan untuk sesama. Gandalf pun berkata bahwa kejahatan bisa dicegah dengan hal-hal sederhana seperti kebaikan dan cinta. Jadi pesan Gandalf sangat bijak untuk memberitahu kita semua bahwa kita bisa membanjiri kehidupan ini dengan kebaikan. Bukan untuk saja melawan kejahatan tapi juga bisa mencegah kejahatan itu sendiri.

5. Hal baik dan buruk yang terjadi pada kita membuat kita lebih berpikir positif dan lebih bersemangat. Seperti fenomena cincin Bilbo yang diwariskan ke Frodo yang justru membuat Frodo khawatir akan hidupnya dalam bahaya. Dan menganggap cincin tersebut seperti malapetaka bagi hidupnya. Namun Gandalf memberi kebijaksanaannya ke Frodo dengan mengatakan bahwa semua sudah diatur sang pencipta, Bilbo yang adalah pamannya menemukan cincin tersebut dan sekarang Frodo-lah yang melanjutkan memilikinya dan mempunyai tugas untuk menghancurkan cincin tersebut agar hilangnya kejahatan Sauron di dunia Middle Earth. Meski itu adalah tugas yang besar dan penuh risiko yang besar juga, namun Gandalf ingin Frodo merenungkan bahwa tidak semua manusia memiliki kesempatan tersebut bahkan bisa mengendalikan cincin tersebut dan diri Frodo merupakan seorang Hobbit manusia kecil namun bisa memikul tanggung jawab yang besar dengan membawa cincin malapetaka tersebut. Bukankah itu sesuatu yang luar biasa dan memberikan semangat. Gandalf pun ingin Frodo melihat sisi positif dari beban yang dipukulnya dan jangan terlarut dengan ketakutan dan kegelisahan yang menghantui hati dan pikirannya karena tugas membawa cincin terkutuk dan malapetaka. Pelajaran juga bagi kita semua agar menerima segala apa yang terjadi dengan lapang dada dan sabar juga selalu melihat hal yang positif dari semua yang telah terjadi agar kita lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan.

Itulah salah satu kata-kata bijak dari Gandalf dalam kisah The Lord of The Rings yang bisa kita petik pesan moralnya. Bagi saya sendiri adegan film ketika Frodo dan Gandalf berbincang ketika terjebak di tambang Moria adalah salah satu adegan yang memorable dan selalu teringat. Karena pesan moral yang baik dan bijak dari Gandalf The Grey agar menggunakan waktu kita yang singkat ini sebagai manusia untuk dipergunakan sebaik-baiknya dan jangan dipergunakan untuk hal-hal buruk apalagi jahat dalam kehidupan. 

Sederhananya seperti ini membuang sampah jangan sembarang, membuang sampah pada tempatnya. Makan dan minum secukupnya. Jangan rakus dan selalu merasa kekurangan. Lihatlah lingkungan sekitar yang masih banyak orang-orang kurang beruntung. Bantu mereka yang kesulitan dan kesusahan. Jangan egois memperkaya diri sendiri. Jangan menjadi yang paling berkuasa dan punya kehebatan. Jangan sombong. Banyak yang lainnya sikap-sikap yang baik dan buruk yang mestinya sebagai manusia bisa membedakannya.



THANK YOU

Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

LEBIH MENGENAL INFJ

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE