INTROVERT DAN HOBI MENONTON FILM

INTROVERT DAN HOBI MENONTON FILM


Dengan “spektrum” yang berbeda dengan para ekstrovert, dimana pribadi introvert akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan menyendiri untuk mengembalikan energinya yang terkuras. Seperti yang diketahui bahwa ketika introvert banyak beraktivitas dengan orang banyak ditambah hiruk-pikuk suara dan komunikasi yang too much maka akan membuat energi pribadi introvert akan “melemah” untuk itu pribadi introvert harus “bersemedi” untuk mengembalikan lagi energinya agar bisa beraktivitas seperti biasa, tanpa beban bahkan stres.

Ketika pribadi introvert merelaksasikan energi dan "merecharge baterainya." Hal-hal seperti berdiam diri di suatu tempat tanpa ada satu orang pun akan menjadi salah satu terapi yang akan dilakukannya. Beberapa hal yang dilakukan introvert ketika mengasingkan dirinya dari dunia yang bising dan penuh mulut besar adalah dengan membaca buku, menonton film, mendengarkan musik, pergi ketempat surgawi yang penuh dengan taman yang hijau, melakukan hobinya seperti bermain musik, menulis artikel, bernyanyi tanpa diketahui dan didengar orang sekitar, menyibukkan diri dengan tanaman hias di depan rumahnya, dan berolahraga.

Yang akan saya bahas adalah salah satu cara yang dilakukan introvert ketika "bersemedi" di goa ternyamannya yaitu kamar pribadinya. Menonton film, adalah terapi dari beberapa terapi yang introvert lakukan untuk mengisi waktu pengasingannya dari dunia penuh suara bebek. Dengan menonton film akan menenangkan pikirannya meskipun saya tahu bahwa film yang ditonton introvert adalah film-film yang membuat berpikir. Memang dasar si introvert, bahkan ketika kondisi santai saja malah menonton hal-hal yang harus mikir juga. Tapi disitulah yang semakin membuat berbeda dari diri seorang introvert. Bagi introvert menonton film bukan hanya sekedar menonton tapi juga merasakan dan mengikuti alur cerita filmya bahkan sampai behind the scene-nya nanti dicari untuk tahu lebih banyak tentang film yang ditontonnya.

Film-film yang disukai introvert biasanya bergenre horror, action, science fiction, true story, romantic dan film-film kolosal seperti The Lord of The Rings. Sembari berbaring atau duduk-duduk bertapa dengan dikelilingi sesajen untuk ritual bersemedinya seperti cemilan, teh hangat atau kopi akan melengkapi me time-nya introvert. Jadi jangan heran ketika sosok introvert susah dihubungi atau ditemui bukan karena dia tidak bisa tapi emang karena dia gak mau dan lebih memilih bersemedi dan menyendiri untuk mengembalikan energi “baterainya yang low bat.” Kalau mau ganggu si introvert dari pertapaannya pastikan bahwa Anda adalah orang yang penting bagi introvert dan berada pada lingkaran ring satu si introvert. Diluar itu pasti didiamkan si tertutup dan penyendiri satu ini dan bila dibalas pun introvert akan mengeluarkan seribu satu alasan untuk mengatakan tidak bisa dan menolak.

Kita bahas bersama-sama kali ini film-film yang ditonton introvert ketika berada dalam pengasingan diri dari dunia yang penuh sandiwara dan penuh banyak kata-kata. Barangkali bisa menjadi referensi baru menonton untuk pembaca tulisan ini. Atau juga related dengan tontonan para pembaca dan ingin menonton lagi untuk bernostalgia sembari mengisi waktu luang dan menghibur diri. Pertama-tama kita batasi dahulu filmya agar tidak menjadi kepanjangan pembahasannya karena kalau kebanyakan kata-kata dan membaca tulisan malah akan membuat pusing orang-orang zaman now dan beralih menonton video di youtube atau video singkat tiktok bahkan sampai lupa mandi. 20 film lintas genre yang ditonton oleh sosok introvert untuk menemani dirinya "merecharge baterainya."

1. Ada triologi The Lord Of The Rings. Film yang diadaptasi dari novel J.R.R Tolkien. Film yang harusnya semua orang tahu dan menontonnya. Salah satu film yang masterpiece di genrenya. Introvert pasti nonton berkali-kali film ini bahkan pasti masih banyak yang ingat adegan-adegan dalam filmnya bahkan tokoh-tokohnya. Seperti Frodo, Gandalf, Aragorn, Legolas, Gimli dan lain-lainya.

2. The Hobbit. Satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Kalau suka The Lord Of The Rings pasti juga menonton film The Hobbit. Introvert bukan saja menikmati film ini tapi mungkin juga menunggu hadirnya film ini ketika dahulu mau tayang perdana,  apalagi kalau introvertnya penyuka The Lord Of The Rings. The Hobbit adalah kisah awal cincin terkutuk Sauron bisa dimiliki Bilbo Baggins yang adalah paman Frodo Baggins.

3. Harry Potter. Film yang diadaptasi dari novel J.K. Rowling dan sepertinya semua orang tahu. Bagi introvert menonton film ini berarti menyiapkan lebih banyak cemilan dan minuman. Karena seri film Harry Potter yang banyak dan durasi yang panjang. Jadi selamat tinggal dulu aktivitas pekerjaan monoton gak produktif, introvert mau menambah produktifitasnya dengan menonton film.

4. Avatar. Garapan film James Cameron yang juga sutradara film Titanic yang fenomenal. Avatar adalah film yang menjadi tontonan lanjut introvert. Dengan menikmati pemandangan Pandora dengan bangsa Navy-nya. Membuat mata introvert terkesima dengan visual efek film yang mengisahkan perjalanan jack Sully dalam membantu bangsa Navy mempertahankan planetnya dari eksploitasi manusia.

5. Avengers End Game. Hari-hari terindah introvert selain bisa membaca buku yang disukainya adalah dengan marathon menonton film-film Marvel. Avengers Endgame mungkin saja film terfavorit introvert yang suka Marvel Cinematic Universe. Portal yang kebuka ketika Captain America battle dengan Thanos dimana para Avengers lain datang berkumpul untuk membantu melawan pasukan Thanos atau bisa disebut Avengers Assemble adalah adegan yang paling memorable. Mungkin film ini akan menjadi portal bagi yang baru mengenal film-film superhero Marvel. Setelah ini Anda akan mencoba menonton awal kisah setiap superhero yang hadir di perang antara para Avengers dan Thanos sebagai villain terkuat saat itu. Introvert penyuka Marvel Cinematic Universe pasti menonton juga semua film-film superhero lain seperti Iron Man, Dr. Strange, Spiderman, Thor, Captain America, Hulk, BlackPanther, Ant Man, dan Captain Marvel.

6. 3 Idiot. Istirahat sejenak dari film-film kolosal buatan Hollywood. Sepertinya menikmati film-film Bollywood juga tidak kalah seru dan bagus. 3 Idiot yang dibintangi Amir Khan salah satu film tersukses di India. Film yang penuh dengan pesan moral. Film yang bernuansa satir, komedi dan cinta ini sudah pasti disenangi introvert. Film 3 Idiot salah satunya, persahabatan antara Ranchu, Farhan, dan Raju membawa penontonnya tertawa, sedih dan haru. Kisahnya benar-benar membawa perasaan penontonnya campur aduk. Para introvert akan sangat memahami dan mendalami film satu ini yang penuh satir dan kritik bagi dunia pendidikan yang pragmatis.

7. PK. Salah satu film masterpiece yang juga dibintangi Amir Khan. Sama seperti 3 Idiot yang banyak satir pada bidang pendidikan. PK adalah film yang beraroma satir pada bidang agama. Konsepnya hampir sama, ada suasana humor, konflik, cinta. Film yang ditonton berulang-ulang namun tetap bikin tertawa karena ulah PK sang alien yang ketinggalan kaumnya dari planet lain. Membuat PK menjadi seseorang tanpa arah dan berupaya menjawab setiap pertanyaan dalam dirinya hanya agar dia bisa pulang kembali ke planet asalnya. Introvert pasti tertawa gak karuan dengan film satu ini. Apalagi adegan PK dikejar-kejar massa karena ulahnya. Tapi Introvert akan mewek ketika pada akhir film bahwa PK mencintai Jaggu sosok wanita yang menolongnya. Introvert pasti ingat kutipan akhir film “ He love me enough to let me go” yang dibacakan Jaggu. Dalam banget.

8. Dangal. Film India yang diadaptasi dari kisah nyata perjuangan pegulat wanita India Geeta Phogat dan Babita Kumari. Amir Khan lagi-lagi menjadi aktor yang luar biasa dalam memerankan akting sebagai ayah dari kedua pegulat wanita tersebut. Film yang penuh inspirasi apalagi untuk para wanita. Introvert pasti akan terenyuh menonton film ini. Full drama antara perjuangan ayah dan tekad anak perempuan dalam mencapai cita-cita. Ingat ya bahwa film ini based on real story. Jadi bener-bener rekomendasi buat waktu luang kalian dengan menonton film Dangal.

9. Chennai Express. Film tentang percintaan yang dibintangi Sharukh Khan dan Deepika Padukone. Kisah yang sederhana tentang pemuda biasa yang terjebak percintaan dengan anak perempuan ketua gangster di India. Unsur drama percintaan, humor dan perjuangan bisa dinikmati di film satu ini. Introvert akan sangat suka alur cerita film seperti ini. Kekocakkan Sharukh Khan menjadi bumbu humor yang bikin penonton tidak bisa menahan senyum dan tawa.

10. Drishyam. Film berbau misteri dan teka-teki. Film yang dibintangi Ajay Devgan ini sangat cocok bagi introvert yang suka dengan film teka-teki dan plot twist yang bikin geleng-geleng kepala. Kisah tentang perjuangan orang tua terutama sosok ayah dalam melindungi keluarganya dari ancaman hukum. Penonton akan dibawa pada suasana antara salah dan tidak bersalah. Konsepnya antara benar dan salah. Pokoknya campur aduk deh. Ada ketegangan, kemirisan, sedih. Bagus banget pokoknya Drishyam. Kalau belum nonton pasti nyesel.

11. 5 cm. Ada film dalam negeri yang juga pasti ditonton introvert. Kisah pemuda-pemudi yang memulai pendakian gunung untuk menjadikan kesempatan tersebut sebagai temu kangen mereka karena sebelumnya mereka saling berkomitmen untuk rehat sejenak dari pertemanan mereka yang berjalan ditempat. Ada bumbu-bumbu cinta diantara mereka. Pokoknya menonton film ini selain diperlihatkan suasana persahabatan juga akan dimanjakan suasana pemandangan gunung Semeru sebagai puncak tertinggi di Jawa. Pasti ingat kan adegan di Ranu Kumbolo. Bagus banget.

12. Tengelamnya Kapal Van Der Wijck. Film yang diadaptasi dari novel karangan Buya Hamka. Menjadi teman menonton introvert yang bikin haru. Kisah Zainuddin dan Hayati. Tidak usah diceritain langsung nonton aja bila penasaran. Klasik, fenomenal, dan romantis. Introvert pasti manaruh film ini dalam daftar list film bertemakan cinta yang patut di tonton.

13. KKN di Desa Penari. Untuk genre horor, introvert yang suka genre ini pasti me-list film ini dalam daftar film yang ditonton. Sesekali menonton film horor sepertinya seru juga untuk mengembangkan suasana yang dari tadi bertemakan cinta dan superhero.

14. Insidious. Film horor Amerika ini juga akan disukai para introvert yang suka film genre horror. Pasti ingat kan sama nenek cenayang dalam filmnya. Ya, Elise Rainer. Elise yang membantu Josh dan Renai untuk mengembalikan putranya yang bernama Dalton yang terjebak dalam dimensi lain. Seri film ini sudah 4 dan kemungkinan akan tayang seri ke 5-nya. Jadi mau marathon film horor bagus satu ini. Beberapa plot cerita, kalian akan diajak berpikir sambil menikmati penampakan hantu yang tiba-tiba.

15. The Counjuring. Sama halnya dengan Insidious, film horror ini memberikan pengalaman yang menyeramkan bagi penontonnya. Hati-hati jadi gak berani tidur sendiri. Film yang diangkat dari kisah nyata paranormal Lorraine dan Ed Warren akan menemani para introvert memasuki "ritual pertapaannya." Mungkin saja kali ini introvert tidak mengunci pintu kamarnya bila menonton sendirian di dalam kamar pribadinya. Karena untuk persiapan bila ada hal-hal aneh seperti ada benda jatuh dan gerakan benda di kamarnya. Introvert langsung melarikan diri. Keluar kamar persembunyiannya.

16. Friend Zone. Film romantis asal Thailand. Kisah tentang percintaan di zona pertemanan. Introvert dari semua kalangan pasti suka film satu ini. Kisah Palm dan Gink yang imut dan lucu dari zona pertemanan menjadi teman hidup dengan perjalanan yang naik turun. Ada sedih, komedi, haru yang bikin senyum-senyum sendiri menjadikan film satu ini patut ditonton. Mungkin saja dari kita pernah memiliki pengalaman yang sama seperti Palm dan Gink. Friend Zone.

17. The Time Machine (2002). Film genre science fiction ini berkisah tentang seorang profesor muda yang kecewa dengan keadaan dimana wanita yang dicintainya harus terbunuh ditembak perampok. Hingga dia berniat membangun mesin waktu dan memutar waktu agar bisa mengembalikan wanita yang dicintainya dan bisa hidup bersama. Namun nasib membawa profesor tersebut melampaui apa yang dipikirkan. Profesor tersebut menuju ke masa depan dimana bumi sudah menjadi seperti purbakala lagi. Introvert yang doyan film sains fiksi apalagi bertemakan tentang penjelajah waktu pasti film satu ini jadi daftar tak terlupakan untuk ditonton saat-saat "merecharge energinya."

18. The Mysterious Island. Film yang dibintangi The Rock atau Dwayne Johnson ini salah satu film yang bagus untuk mengisi waktu istirahat. Petualangan mencari pulau misteri yang diceritakan oleh novelis Jules Vern adalah kisah yang disajikan dalam film ini. Penonton akan disuguhkan pemandangan yang eksotis di dalam pulau misteri. Ada relik dari kota hilang Atlantis yang menjadi bagian yang paling memorable dalam film ini. Apalagi ketika The Rock alias Dwayne Johnson bernyanyi dengan okulele. Lucu tapi bagus juga suaranya.

19. The Divergent. Kisah Duo sejoli Tris dan Four. Film yang bertemakan perjuangan, cinta dan perbedaan. Karena pada The Divergent, masyarakat dibagi-bagi menjadi beberapa faksi diantaranya ada Candor, Erudite, Amity, Dauntless, dan Abgenetion. Keseruan belum selesai disitu, konflik antara setiap faksi juga menjadi plot yang mengantarkan Tris dan Four menjalin cinta karena mereka sama-sama menyukai. Padahal diawal film Four yang sinis melihat Tris seperti beban namun berangsur-angsur Four merasa berempati dengan semangat Tris untuk menjadi seorang Dauntless sejati. Introvert yang nonton film ini pasti ngena banget deh perasaan bagaimana perjalanan Tris dan Four yang diam-diam malah saling suka padahal sebelumnya masa bodo.

20. Who Am I. Film Jackie Chan satu ini meski sudah lawas tapi tidak pernah bikin bosan. Apalagi tidak bisa menahan ketawa saat Jackie Chan berkelahi dengan dua algojo yang badannya besar-besar saat ingin merebut file rekaman dari Jackie Chan. Saat Jackie menarik anting yang dipakai salah satu algojo tersebut ketika berkelahi sehingga algojo tersebut kesakitan membuat perut terkocok karena tertawa. Introvert yang lagi galau pun kalau menonton film ini akan terobati kegalauannya dengan kekocakkan Jackie Chan dalam mengungkap siapa dirinya.

Itulah 20 film yang bisa dinikmati oleh introvert saat mengisi waktu luangnya untuk mengembalikan energinya yang terkuras dari aktivitas rutin pekerjaan. Mungkin ada juga introvert yang sudah menonton semua list tadi. Dan bagi introvert yang belum menonton, baiknya list diatas tadi menjadi rekomendasi untuk ditonton. Introvert pasti punya cara sendiri untuk mengembalikan energi dirinya yang terkuras. Bisa melakukan apa saja untuk mengembalikan energi terutama hal-hal yang positif sangat baik bagi kehidupan introvert. Dan cara yang paling mudah ada baiknya introvert menikmati film-film yang bagus dan seru. Bisa menonton secara online bahkan bila ada film baru yang ditunggu-tunggu bisa datang langsung ke bioskop. Membeli tiket nonton dan membeli minuman beserta popcorn untuk menikmati film. Selamat mengembalikan energi yang terkuras sebelum kembali beraktivitas, salam introvert.

THANK YOU

Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

LEBIH MENGENAL INFJ

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE

DARI AQUASCAPE KE AQUARIUM IKAN MAS KOKI