HARRY STAMPER THE REAL LEADER DALAM FILM ARMAGEDDON

HARRY STAMPER DALAM FILM ARMAGEDDON

THE REAL LEADER


Pada film Armageddon (1998) ada satu scene yang membekas sekali dalam ingatan saya. Adalah ketika percakapan Truman sebagai direktur NASA dengan Harry Stamper yang adalah pengebor minyak berpengalaman. Pada saat itu NASA membutuhkan pertolongan untuk mengebor asteroid yang mendekat ke Bumi dan akan menghantam Bumi yang indah ini dalam beberapa hari kedepan. NASA hanya mempunyai waktu kurang lebih 18 hari sebelum asteroid itu menghantam Bumi dan menghancurkan Bumi. Rapat koordinasi pemimpin NASA dengan kementerian pertahanan Amerika Serikat dilakukan untuk mencari solusi masalah besar tersebut. Rapat yang dipimpin Truman dan Menteri pertahanan berlangsung tegang.

Pihak pemerintah melalui staf ahli presiden menyarankan agar menghancurkan asteroid tersebut dengan menembakkan nuklir sebanyak-banyaknya kearah asteroid. Namun ide itu dibantah oleh Ronald Quincy ahli dari NASA yang diklaim oleh Truman salah satu orang terpintar di planet ini. Dari ahli NASA itu mengatakan bahwa menembakkan sebanyak apapun asteroid tersebut dengan nuklir tidak ada efeknya, asteroid tersebut akan tetap bergerak menuju bumi. Justru itu hanya akan seperti pertunjukkan kembang api nantinya. Ia memberi ide agar NASA meledakkan asteroid tersebut dari dalam yaitu menaruh nuklir didalam asteroid tersebut lalu meledakkannya. Untuk itu harus dilakukan pengeboran sampai kedalam asteroid tersebut dan meletakkan nuklir didalamnya. Mulai dari situ, NASA mencari dari seluruh belahan dunia pengebor terbaik dan berpengalaman. Terpilihlah orang itu adalah Harry Stamper. Harry Stamper yang pada saat itu bertugas harus dibawa paksa oleh pimpinan tentara angkatan laut Amerika Serikat atas perintah langsung presiden Amerika Serikat karena keadaan sangat darurat.

Hingga akhirnya Harry Stamper dengan putrinya Grace datang ke kantor pusat NASA untuk bertemu Truman. Mereka saling berdiskusi tentang keadaan yang terjadi. Harry Stamper dan putrinya merasa terkejut dan tidak bisa berkata apa-apa dengan asteroid yang dalam hitungan hari akan menghantam Bumi. Harry Stamper pun merasa bingung kenapa harus dirinya yang terpilih dari miliaran orang dibumi ini untuk menjalankan misi terbang ke asteroid tersebut dan meledakkannya dari dalam. Akhirnya pada saat Harry Stamper dan Truman berbicara lebih panjang sambil memperlihatkan peralatan bor yang akan digunakan untuk mengebor asteroid tersebut. Ada percakapan yang serius, satir, dan tegas dari sosok Harry Stamper tentang rencana NASA dengan peralatan yang masih harus dibetulkan ditambah dengan personil yang akan berangkat ke asteroid yang hanya paham tentang luar angkasa dan “jurus terbang-terbangan”.

Harry Stamper merasa frustrasi dengan rencana NASA yang berantakan menurutnya. Berikut dialog antara Harry Stamper dengan Truman yang sangat membekas menurut saya karena didalamnya ada satir, kritik, pesan moral dan keberanian Harry Stamper yang menurut saya adalah sosok yang bisa disebut pemimpin. Meskipun dia seorang ahli pengebor tapi sepertinya dia menolak predikat tersebut dan bekerja seperti orang biasa bersama teman-temannya yang para ahli dibidang lainnya seperti ada yang lulusan geologi, teknik.

Truman: Well, Mr Stamper, what do you think ?

(Truman menanyakan Harry tentang bagaimana selanjutnya, apakah Harry punya pemikiran lain tentang rencana NASA untuk menghancurkan asteroid tersebut setelah melihat peralatan bor NASA yang masih banyak kekurangan dan dengan personil yang akan terbang ke asteroid tersebut yang hanya mengerti tentang teknis luar angkasa.)


Harry Stamper: You know, drilling's a science. It's an art. I'm a third generation driller, doin' it all my life. I still haven't got it all figured out. I assume you sent for me because somebody told you I was the best. Well, I'm only the best because I work with the best. You don't trust the men you're working with, you're as good as dead. Now you wanna send these boys into space, fine. I'm sure they'll make good astronauts, but they don't know jack about drillin'. What's your contingency plan?

(Harry menjelaskan bahwa pekerjaan mengebor bukan saja hanya tentang ilmu pengetahuan "sains" tapi juga tentang seni. Dirinya adalah generasi ketiga dalam keluarganya yang menjadi pengebor dan dia melakukannya hampir selama hidupnya. Namun dirinya pun merasa belum mengerti dan memahami semuanya tentang mengebor. Harry berkata bahwa mungkin saja NASA memilihnya untuk menjalankan misi ini karena orang-orang mengatakan dirinya adalah yang terbaik. Harry mengatakan bahwa dirinya menjadi yang terbaik karena dia bekerja dengan yang terbaik. Disini juga pesan yang baik dari perkataan Harry bahwa bila kita mau menjadi hebat atau terbaik itu bisa dicapai dengan bekerja juga dengan mereka yang terbaik atau bisa dikatakan mereka yang bisa diandalkan dalam bekerja karena kalau kita sudah mati-matian bekerja tapi yang lain hanya menjadi benalu atau duri dalam usaha kerja kita itu akan percuma malah akan membuat kita terbebani bahkan hancur. Dirinya pun menambahkan bila Anda bekerja dengan orang yang Anda tidak percayai, Anda sama saja bunuh diri. Ini salah satu yang paling keren kalimat Harry Stamper bagi saya. Benar sekali buat apa kita bekerja dengan orang yang hanya menyusahkan kita nantinya bahkan membebani kita. Hal yang paling utama adalah kepercayaan bukan hanya tentang materi tapi tentang keselamatan lahir dan batin. Kalau kita bekerja dengan orang yang kita tidak percaya lama kelamaan seperti kita menuju ke kematian kita atau kehancuran kita yang harusnya bisa kita hindari. Pesan yang sangat baik dari Harry Stamper. Terus dia berkata dengan sangat satir kepada direktur NASA tersebut bahwa boleh saja NASA mengirim orang-orangnya yang sudah dilatih segala macam untuk menjalankan misi ini dan mengerti tentang luar angkasa sebagai astronot yang baik tapi orang-orang tersebut sama sekali tidak mengerti tentang mengebor. Disini juga sindiran halus dari Harry dan pesan yang baik bagi kita apabila mau menjalankan misi atau melakukan pekerjaan pastikan bahwa orang-orang yang menjalankan misi tersebut memahami dan mengerti pekerjaan dan misinya dengan keahlian yang dimilikinya. Harry selanjutnya mengatakan apa rencana cadangan NASA bila misi ini tidak berhasil).

Truman: Contingency plan?

(Truman menegaskan tentang rencana cadangan yang belum terpikirkan)

Harry Stamper: Your backup plan. You gotta have some kind of backup plan, right?

(Harry semakin gemas dengan NASA yang tidak memikirkan rencana cadangan yang seharusnya dipikirkan juga. Harry semakin frustrasi mendengar jawaban Truman yang berkata bahwa NASA tidak punya rencana cadangan untuk misi besar ini)


Truman: No, we don't have a backup plan.

(Jawaban Truman yang mengatakan bahwa NASA belum memiliki rencana cadangan bila misi mengebor asteroid tersebut gagal dan menambah frustrasi seorang Harry Stamper)


Harry Stamper: This is it. This is the best that you could. that the government-- the U.S. government can come up with. I mean, you're NASA for cryin' out loud. You put a man on the moon. You're geniuses. You're the guys that think this shit up. I'm sure you got a team of men sittin' around somewhere right now, just thinkin' shit up and somebody backin' them up. You tell me you don't have a backup plan, that these eight Boy Scouts right here, that is the world's hope, that's what you're tellin' me? Yeah. Oh, Jesus. Damn it.

(Dengan rasa frustrasinya Harry menegaskan dan berkata dengan sangat berani kepada pimpinan NASA tersebut bahwa jadi hanya ini yang dilakukan NASA dan pemerintah Amerika Serikat untuk menangani masalah besar yang dalam hitungan beberapa hari akan menghancurkan umat manusia dan segala kehidupan di Bumi. Harry dengan satirnya mengatakan bahwa kalian “orang-orang di NASA” adalah para jenius kalian yang menerbangkan manusia ke Bulan. Kalianlah yang memikirkan tentang hal-hal seperti itu. Harry menambahkan bahwa dirinya yakin ada sebuah tim dari pihak NASA atau pemerintah diluar sana yang sekarang ini sedang berpikir sambil duduk-duduk untuk merencanakan rencana cadangan agar apabila misi ini tidak berhasil maka akan dilanjutkan dengan rencana cadangan tersebut. Dan dengan gemasnya Harry mengatakan bahwa kalian “NASA” justru tidak punya cadangan dan pada bocah-bocah pramuka tersebut dunia berharap dari bencana yang akan menghancurkan Bumi ini. Harry semakin frustrasi dengan berkata oh Tuhan, sial sekali. Kata-kata bocah pramuka disini adalah satir untuk para astronot atau tim NASA yang akan diberangkatkan untuk menjalankan misi menghancurkan asteroid tersebut yang hanya mengerti masalah teknis luar angkasa namun tidak mengerti sama sekali tentang mengebor yang membuat Harry frustrasi mendengarnya. Harry mengibaratkan mereka seperti bocah pramuka yang hanya bisa disuruh-suruh untuk mematuhi aturan. Keren sih sumpah kata-kata Harry Stamper).

Truman: We're a little short on time here. Will you help us?

(Truman mengatakan bahwa dirinya dan NASA tidak memiliki waktu yang banyak karena hanya dalam hitungan hari bencana asteroid tersebut akan datang. Truman dengan hal tersebut berharap Harry Stamper dengan keahliannya dan pengalamannya mau membantu NASA dan manusia di Bumi)


Harry Stamper: All they gotta do is drill? That's it. No spacewalkin', no crazy astronaut stuff.

(Harry bertanya ke Truman bahwa pekerjaan yang harus dikerjakan diatas sana hanya mengebor dan tidak ada aksi-aksi astronot lainnya seperti berjalan-jalan di luar angkasa)

Truman: Just drill.

(Truman mengatakan bahwa disana mereka hanya mengebor)

Harry Stamper: How many men were you plannin' on takin' up there)

(Harry bertanya berapa banyak orang yang akan pergi ke asteroid tersebut untuk menjalankan misi tersebut)


Truman: We're sendin' up two shuttles, two teams.

(Truman menjawab bahwa kami akan mengirim dua tim dengan dua pesawat luar angkasa)


Harry Stamper: If I do this, I'm gonna wanna take my own men.

(Harry mengatakan bahwa bila dirinya melakukan misi ini dia ingin membawa sendiri orang-orangnya yaitu adalah anak buahnya dari pangkalan bor miliknya untuk menjadi crew mengebor di atas sana nanti)


Truman: You got it. So you're saying you'll help us?

(Truman pun setuju dengan keinginan Harry dan menegaskan apakah sekarang Harry Stamper akan membantu NASA dalam misi besar ini)

Harry Stamper: Yes, sir.

(Harry menjawab dirinya akan membantu misi ini meskipun risikonya sangat besar dan membahayakan keselamatan hidupnya)


Truman: Thanks.

(Truman sangat berterima kasih atas pertolongan Harry Stamper yang sangat dibutuhkan bukan hanya NASA namun juga penduduk Bumi)


Harry Stamper: I just don't trust anybody else to do it, that's all.

(Pada saat itu ada putri dari Harry bernama Grace yang mendengar percakapan antara ayahnya dan Truman, Grace pun kaget dan merasa takut dengan pilihan ayahnya untuk bergabung dalam misi penyelamatan ini dan dengan risiko yang akan membahayakan sang ayah, Grace merasa sangat khawatir. Apalagi ayahnya akan membawa para rekan kerjanya dalam misi tersebut yang mana membuat Grace semakin khawatir karena rekan-rekan kerja ayahnya juga sudah seperti ayah bagi Grace apalagi salah satu anak buah ayahnya adalah orang yang dicintai Grace yaitu bernama A.J. Harry menjelaskan bahwa dirinya melibatkan rekan-rekannya karena dia hanya percaya dengan rekan-rekannya tersebut untuk membantunya di atas nanti ketimbang orang lain apalagi orang-orang NASA yang tidak mengerti tentang mengebor).

Sumpah, di adegan ini bisa dibilang tamparan keras dari seorang Harry Stamper untuk NASA yang terlihat panik sampai-sampai tidak merencanakan misi dengan baik padahal ini adalah bencana besar manusia dan seluruh dunia meletakkan kepercayaannya kepada NASA sebagai salah satu lembaga luar angkasa ternama didunia. Kalau saya bawa dalam kehidupan sekarang, sosok Harry Stamper seperti memberi tamparan kepada orang-orang yang duduk-duduk dengan keahliannya tapi tidak kerja dengan becus. Siapa saja yang merasa bahwa dirinya punya keahlian dan membangga-banggakan keahliannya serta kepintarannya apalagi dengan punya posisi jabatan tinggi yang diagung-agungkan tapi buruk sekali dalam berpikir bahkan membuat rencana saja berantakan apalagi membuat rencana cadangan.

Mereka semua yang dibekali keahlian dan kepintaran harusnya berbuat lebih untuk kehidupan dan kepentingan orang banyak bukan hanya duduk-duduk nyaman sambil menunggu gaji yang tinggi dan bisa membeli apa saja yang diinginkan. Tanpa sadar bahwa mereka punya tanggung jawab juga dengan kehidupan. Apalagi dengan omongan besarnya berbicara tentang pemimpin atau kepemimpinan. Tidak semudah itu kalau berbicara tentang pemimpin atau kepemimpinan. Bagi saya sendiri, sosok Harry Stamper adalah salah satu sosok yang bisa disebut pemimpin. Dengan keahliannya dan pengalaman yang dimiliki, Harry tidak terlihat mengistimewakan dirinya bahkan dengan empati dan simpatinya menerima tugas yang sangat berisiko untuk hidupnya.

Harry Stamper membawa teman-temannya dalam misi menyelamatkan dunia dan kehidupan. Sebuah pengorbanan yang besar yang patut dicontoh. Hingga pada akhirnya Harry Stamper mengorbankan dirinya untuk meledakkan asteroid tersebut dan meninggalkan putri tercintanya Grace karena harus menyelamatkan dunia dari hantaman asteroid. The Real Leader itulah sosok Harry Stamper dalam film Armageddon tahun 1998. Banyak pesan moral yang bisa diambil dalam film satu ini. Salah satunya percakapan antara Harry Stamper dengan Truman seperti diatas.

THANK YOU

Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

LEBIH MENGENAL INFJ

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE

DARI AQUASCAPE KE AQUARIUM IKAN MAS KOKI