REVIEW BUKU SAAT INTROVERT JATUH CINTA

REVIEW BUKU SAAT INTROVERT JATUH CINTA

“Sebuah pertempuran dimulai dalam diri seorang introvert setiap kali mereka jatuh cinta. Pertempuran tanpa akhir sampai salah satu dari mereka menang. Pertempuran antara hati dan pikiran mereka. Hati berjuang untuk cintanya dan pikiran berjuang untuk prioritasnya, jika hati menang maka cinta menjadi prioritas, dan jika pikiran menang hati harus mengorbankan cinta, Tapi mengapa ini terjadi? Mari buka kunci hatinya melalui buku ini.”

SINOPSIS BUKU
Cinta adalah kata yang romantik namun menakutkan bagi banyak introvert. Bagi introvert, jatuh cinta bukanlah hal yang mudah. Cinta mengambil begitu banyak hal dari seorang introvert. Bagi seorang introvert yang lebih penting adalah kesendirian. Kita telah melihat betapa berbedanya mereka dari banyak orang lain. Kita telah melihat mereka penuh kasih dan perhatian. (Sutrisno: hal 5)

Dalam buku “saat introvert jatuh cinta” memaparkan penjelasan-penjelasan sisi kehidupan lain seorang introvert yaitu kehidupan cintanya. Menarik sekali untuk membahas percintaan si penyendiri dan tertutup ini “introvert”. Perjuangan introvert dalam kehidupan cintanya mulai dari tertarik dengan lawan jenis, pendekatan yang canggung si introvert dalam mengejar cintanya, sampai konflik percintaan dan tipsnya dalam menangani permasalahan cintanya seorang introvert dibahas dalam buku ini. Hubungan antara sesama introvert atau introvert dengan ekstrovert juga menjadi sajian pembahasan yang menarik karena tanpa disadari hubungan tersebut ada disekeliling kita bahkan kita sendiri mungkin mengalaminya.

Apa yang dilakukan introvert ketika jatuh cinta?
Menurut Kr Kishan di dalam buku “saat introvert jatuh cinta”, introvert melakukan persis apa yang semua orang lakukan ketika mereka jatuh cinta. Hanya saja mereka tidak ingin memberi tahu siapa pun. Mereka tersipu ketika mereka melihat orang yang ditaksir. Seringkali, apa yang kita alami saat melihat lawan jenis adalah nafsu, Hasrat seksual. Introvert benar-benar mencoba untuk mengabaikan itu, karena mereka harus memikirkan imajinasi mereka di penghujung hari. Mereka memilih menyendiri, daripada mengobrol dengan seseorang sepanjang waktu untuk satu hubungan. Sebaliknya, ekstrovert melakukan hal ini karena mereka tidak memiliki dunia fantasi untuk dimasuki. (Sutrisno: hal 10)

Menurut buku “saat introvert jatuh cinta” dalam menjalin hubungan introvert akan melakukan beberapa hal :
  1. Mencoba menjadi ekstrovert. Maksudnya adalah bahwa introvert melakukan segala upaya untuk membuat pasangannya mendengar dirinya.
  2. Menjadi Shakespeare. Introvert mulai menjadi puitis, melankolis secara tiba-tiba.
  3. Ratu drama dan raja drama. Introvert yang pemalu dan tidak pandai mengungkapkan perasaannya tiba-tiba mengambil jalur melodrama.
  4. Anda butuh pasangan, Sherlock?. Introvert mengikuti pasangannya dan mencoba untuk tetap bersama pasangannya sehingga jika pasangannya membutuhkan seseorang, orang pertama ada tepat disebelahnya.
  5. Setelah terluka. Introvert kembali ke cangkangnya, menganalisis situasi dan memutar ulang semua kaset untuk melihat di mana semuanya salah. Introvert mencoba yang terbaik untuk mengembalikan semuanya ke jalurnya dan memberikan jiwanya untuk membuat segalanya bekerja dan tidak perlu meminta maaf atau bahkan membuat pasangannya merasa menyesal.
  6. Kejutan, hadiah dan kopi. Memberikan hadiah kecil yang manis dan mengajaknya keluar untuk minum kopi adalah sesuatu yang terlalu banyak introvert rencanakan.
  7. Selalu aktif.
  8. Menyimpan kenangan.
  9. Kelekatan.
Jika Anda berkomunikasi lebih baik dengan pasangan introvert Anda. Anda akan mendapatkan hal-hal berikut dari pasangan introvert Anda :
  1. Mereka akan berbagi minat mereka dengan Anda
  2. Mereka ingin menghabiskan waktu berkualitas dengan Anda
  3. Mereka akan berbicara dengan Anda melalui telepon
  4. Mereka akan mulai terbuka pada Anda
  5. Mereka ingin tahu lebih banyak tentang Anda
  6. Mereka akan setuju untuk memenuhi kewajiban sosial dengan Anda
  7. Mereka akan menunjukkan sisi rentan mereka
  8. Anda menjadi orang yang disukainya
  9. Mereka menunjukkan sisi romantik mereka
  10. Anda adalah bagian dari rutinitas harian mereka
Apa yang harus dilakukan ketika jatuh cinta pada seorang introvert?
Karena seorang introvert bukanlah orang yang bertele-tele, jangan harap dia memberi tahu Anda sesuatu yang genit, memberikan petunjuk, atau mencoba memikat Anda dengan cerita mereka. (Sutrisno: hal 33)
Jika Anda jatuh cinta dengan seorang introvert, berikut adalah beberapa wawasan tentang bagaimana mereka memandang cinta dan hubungan seperti dalam buku “saat introvert jatuh cinta” :
  1. Anda harus cukup sabar menghadapinya
  2. Mereka selalu membutuhkan waktu yang cukup dengan orang yang mereka cintai
  3. Mereka akan keluar dari zona nyaman hanya jika mereka melihat cinta untuk mereka
  4. Mereka tidak memberikan kesempatan kepada semua orang tetapi untuk yang paling spesial
  5. Mereka tidak akan berdebat dengan Anda, mereka mengharapkan Anda untuk memahami mereka
  6. Satu hal yang paling umum pada semua introvert adalah mereka memprioritaskan kebahagiaan Anda daripada kebahagiaan mereka
Cara memegang hati seorang introvert
Kunci hubungan dengan seorang introvert? Introvert harus bisa bersantai dan mengisi ulang energi dengan Anda. Hubungan yang kuat memiliki daya tanggap dari pasangan, minat yang sama dan saling menghormati perbedaan, sehingga pekerjaan yang secara alami diperlukan dalam hubungan apa pun, dilakukan dengan menguras energi minimal. Menempa hubungan membutuhkan banyak energi yang berharga. Introvert menghasilkan energi dari dalam dengan mereflesikan ide, pikiran, kesan dan perasaan. Jika introvert menemukan seseorang yang diinginkan yang dapat berbagi apa yang berputar di dalam interior mereka, sinergi terjadi. Introvert berkembang dan dibiarkan berenergi daripada habis. (Sutrisno: hal 62)

Apa yang harus dilakukan dalam hubungan introvert-ekstrovert?
Beberapa hal yang harus dilakukan dalam hubungan introvert-ekstrovert menurut buku “saat introvert jatuh cinta” :
  1. Menangani konflik. Untuk membantu kedua belah pihak, Filidor merekomendasikan istirahat 20 hingga 30 menit sehingga semua orang dapat mengatur diri sendiri. Ini akan memberikan introvert lebih banyak waktu untuk memproses, sementara waktu tampaknya tidak terlalu lama bagi ekstrovert yang ingin menangani masalah secara langsung.
  2. Melakukan komunikasi dengan baik.
  3. Pahami kebutuhan pasangan
  4. Jangan mencoba mengubahnya
  5. Sejajarkan tujuan di pengaturan sosial
  6. Temukan hal yang dapat dilakukan bersama
Introvert dengan introvert
Cinta antara dua introvert, menurut Michaela, dapat memberikan oase menyegarkan di dunia yang semakin keras. Ini adalah cinta yang terbentuk atas penerimaan timbal balik dengan sedikit kebutuhan untuk berkompromi; kemitraan dengan lebih sedikit kata, tetapi pemahaman yang lebih besar; tempat yang aman di mana kedua orang memiliki cukup ruang untuk berkembang.

Introvert dengan ekstrovert
Kita semua tahu bagaimana hal-hal yang berlawanan menarik. Mungkin ini sebabnya ekstrovert dan introvert tertarik satu sama lain. Hal-hal tentang satu sama lain membuat mereka takjub hampir setiap hari. Pasangan mereka adalah segalanya bagi mereka. Hubungan mereka tentang menyeimbangkan satu sama lain. Pada awalnya, itu luar biasa. Tapi kemudian, seperti semua jenis hubungan lainnya, masalah muncul. Yang ekstrovert merasa diabaikan sedangkan yang introvert merasa tertekan. Keduanya hanya mereka yang berkompromi. Itu akan mencekik mereka berdua. (Sutrisno: hal 103)

Bisakah seorang introvert dan ekstrovert menemukan kebahagiaan bersama?
  • Ingatlah bahwa cara Anda hanyalah satu cara: Introversi dan ekstroversi memiliki nilai yang sama. Yang satu tidak lebih baik dari yang lain; mereka hanya berbeda. Setelah Anda mengenali perbedaannya, hormati perbedaan itu dalam diri Anda dan pasangan Anda. Tidak ada mata yang berputar, tidak ada komentar sinis, tidak ada rasa bersalah, tidak ada permintaan maaf, tidak ada rasa malu.
  • Rangku lah perbedaan
  • Tetapkan pedoman untuk bersosialisasi
  • Bertanggung jawab atas kenyamanan Anda di luar zona nyaman Anda
Tips untuk introvert dan ekstrovert dalam cinta menurut buku “saat introvert jatuh cinta”:
  1. Ingatlah bahwa kita semua introvert dan ekstrovert - Ini adalah spektrum
  2. Ketahui dan terima ciri kepribadian Anda sendiri
  3. Didik ekstrovert Anda
  4. Pikirkan seperti apa hubungan yang Anda inginkan
  5. Pikirkan kesenjangan komunikasi-meskipun Anda mungkin ingin menyendiri setelah perselisihan, pasangan ekstrovert Anda mungkin ingin membicarakannya
  6. Hormati kompromi sosial-putuskan seberapa banyak bersosialisasi yang terlalu banyak untuk Anda dan terlalu sedikit untuk pasangan ekstrovert Anda
  7. Jangan mencoba untuk “mengubah” satu sama lain-Anda terhubung secara berbeda, jadi penerimaan dan kompromi adalah kuncinya.
  8. Pada akhir hari, introvert dan ekstrovert saling melengkapi
Kutipan cinta untuk introvert
  • Love is essential, gregariousness is optional (Cinta itu penting, menghabiskan waktu bersama orang lain/bersosialisasi itu pilihan). -Susan Cain-
  • Your vision will become clear only when you look into your heart. Who looks outside, dreams. Who looks inside,, awakens (Pandanganmu akan makin jernih, hanya jika kamu melihat ke dalam hatimu. Orang yang melihat ke luar itu bermimpi; sedangkan orang yang melihat ke dalam itu, terbangun/sadar). – Carl Jung-
  • Ekstrovert sparkle, introvert glow. Ekstrovert are fireworks, introvert are a fire in the hearth (Ekstrovert bersinar, introvert berkilau. Ekstrovert adalah kembang api, introvert adalah api di perapian). -Sophia Dembling-

REVIEW BUKU
Rasa-rasanya bila kalian selama ini hanya mendengar tingkah laku umum dari introvert seperti penyendiri dan tertutup dalam bergaul atau bersosialisasi. Mungkin buku “saat introvert jatuh cinta” cocok untuk dibaca karena memberikan pengalaman membaca yang berbeda tentang sosok introvert. Buku ini membahas sisi kehidupan lain dari introvert yaitu kehidupan cintanya. Pengen membaca dan mengetahui bagaimana sang introvert menjalani cintanya yang rumit ?, buku ini bisa jadi salah satu rekomendasi kunci jawabannya. Introvert ketemu dengan introvert apakah cocok dan bisa menjalin hubungan yang harmonis atau sebaliknya. Begitu juga introvert dengan ekstrovert yang berlawanan dan bahkan sering memiliki konflik tersendiri. Tantangan dalam hubungan percintaan antara dua kepribadian introvert dan ekstrovert di bahas di dalam buku ini beserta tips atau kiat-kiat cara untuk menghadapi masalah atau konflik perbedaan diantara keduanya dan menemukan kesepakatan yang saling melengkapi dan menuju kehidupan yang bahagia antara introvert dan ekstrovert.

Menurut saya sendiri, buku ini rekomendasi untuk dibaca bagi semua orang, memahami karakter introvert dan ekstrovert sehingga menjadi tahu bahwa perbedaan bukan menjadi penghalang untuk mendapat hubungan yang harmonis. Dengan mengetahui kepribadian masing-masing dan mempelajari untuk saling mengerti dan menerima perbedaan adalah “goal” dari pengetahuan kepribadian. Nah, salah satu pengetahuan yang bisa kita dapat adalah dari membaca, seperti membaca buku ini salah satunya. Penjelasannya seperti realitas dalam kehidupan di tambah tips-tips yang bisa diikuti dan dipahami, buku “saat introvert jatuh cinta” menjadi bacaan yang sayang untuk dilewatkan.

DETAIL BUKU :
Judul buku: Saat Introvert Jatuh Cinta
Penulis: Sutrisno, S.Pd.
Penyunting: Daru Wijayanti
Perancang isi: Bayu
Perancang sampul: Ardhi
Penerbit: Penerbit Indoliterasi
ISBN: 978-623-6496-04-6
Halaman: 144 halaman

TENANG PENULIS
Sutrisno, S.Pd. adalah pria kelahiran Semarang, mengenyam Pendidikan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Semarang lulus 1997. Kini mengajar di sebuah SMP negeri di Semarang. Selain menjadi penulis buku-buku Bahasa Inggris dan buku-buku anak, dia berpengalaman sebagai penerjemah selama lebih dari 14 tahun.

THANK YOU…

 

Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

LEBIH MENGENAL INFJ

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE

KATA-KATA BIJAK GANDALF DALAM FILM THE LORD OF THE RING