REVIEW BUKU KEUNGGULAN PARA INTROVERT "SABRINA OSAKA"

REVIEW BUKU KEUNGGULAN PARA INTROVERT


SINOPSIS
“Keunggulan para introvert” menjelaskan dan memaparkan sisi hidup dari pribadi introvert. Mulai dari apa itu introvert sampai tips-tips bagi para introvert untuk menjadi pribadi yang unggul. Dalam buku juga dijelaskan pribadi introvert yang sering disalahpahami serta tips-tips bagaimana cara memahami pribadi introvert.

“Keunggulan para introvert” juga membahas potensi-potensi dalam diri introvert agar menjadi orang yang sukses dalam bidangnya serta dijelaskan juga pekerjaan-pekerjaan yang cocok untuk para introvert. Dalam kehidupan introvert, sisi hobi dari introvert juga di terangkan dalam buku ini. Hingga semua yang sudah di pahami tentang pribadi introvert akan menjadikan sosok introvert merasa bangga dengan dirinya yang berbeda. Contoh-contoh dari tokoh introvert didunia yang terkenal dalam bidangnya menjadi inspirasi bagi para introvert disajikan dalam buku “keunggulan para introvert” Sabrina Osaka.

Introvert adalah sebuah tipe kepribadian yang sering disalahartikan sebagai pemalu. Padahal, introvert dan pemalu tidaklah sama. Seseorang yang pemalu cenderung merasa khawatir atau tidak nyaman saat berada dalam situasi sosial tertentu, khususnya jika harus berinteraksi dengan orang yang tidak dikenalnya. (Sabrina Osaka: hal 6)

Ciri-ciri pribadi introvert:
  1. Energi bisa terkuras saat menghabiskan waktu dengan orang banyak.
  2. Senang menghabiskan waktu sendiri.
  3. Teman sedikit, tetapi berkualitas.
  4. Lebih mudah terdistraksi.
  5. Lebih sadar akan dirinya sendiri.
  6. Belajar dengan cara observasi.
Asumsi-asumsi keliru seputar orang introvert dalam buku “keunggulan para introvert”:
  1. Semua orang introvert adalah pemalu-dan semua pemalu adalah introvert.
  2. Introvert adalah orang-orang “ansos” yang sombong.
  3. Orang introvert bukan pemimpin yang baik atau pembicara ulung.
  4. Benci keramaian.
  5. Tidak suka bergaul.
  6. Menutup diri.
  7. Susah mencari teman.
  8. Penyendiri.
  9. Tidak peka sekitar
  10. Tidak cakap berbicara di depan publik.
Tips-tips atau cara berkomunikasi dengan orang yang memiliki kepribadian introvert yang sering disalahpahami dalam buku “keunggulan para introvert”:
  1. Bertindak sesuai sifat, tak perlu memaksakan si introvert untuk terlibat dalam percakapanmu dengan teman-temanmu yang mungkin heboh dan riuh.
  2. Gunaka Bahasa tubuh, menggunakan bahasa tubuh seperlunya bisa jadi lebih baik karena orang introvert adalah pribadi yang lebih senang tidak mendengar banyak kata, terutama jika kata-kata yang keluar cenderung menggurui mereka.
  3. Jangan memaksa atau mendebat, cara yang efektif untuk mengalirkan percakapan dengan orang introvert adalah dengan melakukan pendekatan-pendekatan logis yang mampu membuat si introvert mau mengutarakan pendapatnya.
  4. Jangan ungkap rahasia, jangan mengungkap rahasia di depan orang introvert karena mereka akan beranggapan bahwa kamu tidak menyenangkan. Mereka, introvert, merasa tidak nyaman bersama orang yang terlalu banyak bicara, terlebih yang dibicarakan adalah rahasia orang lain.
  5. Berkomunikasi lewat Tindakan, jika ingin menjalin relasi dengan orang introvert, sebaiknya kamu persiapkan kata-kata seperlunya dan lebih banyak tindakan untuk membuktikannya.
  6. Luangkan waktu, jika ingin menjalin relasi yang baik dengan orang introvert, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk lebih sering bertemu mereka.
  7. Menjadi pendengar, bukan pembicara.
  8. Ajukan pertanyaan yang tepat, pada dasarnya, introvert adalah pribadi yang menyukai debat atau tukar pikiran, terlebih terhadap topik yang dia suka.
  9. Peka terhadap sikapnya.
  10. Selalu ada, jika kamu bisa lebih sering berada di dekat seorang introvert saat mereka membutuhkan, hal itu akan sangat berarti bagi mereka.
  11. Tebak yang ia pikirkan.
  12. Ceritakan masalahmu, akan tetapi tak perlu ceritakan masalah yang terlalu pribadi karena hal itu bisa membuatnya risi dan malas menanggapi.
  13. Dorong, bukan memaksa.
  14. Hargai mereka.
  15. Tanyakan kebutuhannya.
Potensi sukses orang introvert, beberapa sifat introvert yang bisa mengantarkan mereka pada kesuksesan dalam buku “keunggulan para introvert” Sabrina Osaka:
  1. Introvert berbicara ketika mereka perlu berbicara.
  2. Intensitas waktu yang mereka perlukan untuk bergaul.
  3. Introvert bisa menjadi pemimpin dan pandai berbicara di depan banyak orang.
  4. Introvert cenderung lebih kreatif.
  5. Sifat dan kebiasaan orang introvert yang membuat mereka bisa menjadi pemimpin yang baik menurut buku “keunggulan para introvert” Sabrina Osaka:
  6. Orang introvert berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara.
  7. Mereka memperhatikan kemampuan seseorang bukan dari kepribadiannya.
  8. Orang introvert dapat mengantisipasi dengan baik terjadi suatu perubahan.
  9. Mereka fokus dan tidak mudah terganggu.
  10. Kebanyakan mereka juga berpikir tentang tujuan besar yang dicapainya bukan untuk diri sendiri, melainkan juga orang lain.
  11. Orang introvert itu mudah memahami dan mengerti situasi dari masalah yang terjadi.
Selain menjadi pemimpin yang baik, pribadi introvert juga bisa memilih menjadi penulis yang hebat, contohnya seperti J.K. Rowling sang penulis Harry Potter. J.K. Rowling pun adalah salah satu tokoh dengan pribadi introvert. Berikut tips menulis ala J.K Rowling yang dirangkum dalam buku “keunggulan para introvert” Sabrina Osaka:
  • Menulislah di mana pun dan kapan pun
  • Perencanaan dan observasi
  • Coba untuk menulis ulang
  • Buat plot cerita yang maju-mundur
  • Menulislah dengan gairah
Kamu harus mendapatkan tulisan, menulis bisa dilakukan di mana pun saat waktu luang di sana-sini” (J.K. Rowling)

Introvert juga bisa menjadi Entrepreneur sukses, dalam buku “keunggulan para introvert” Sabrina Osaka, di berikan ulasan bagi para introvert yang mau menjadi seorang entrepreneur yang sukses:
  • Fokus pada kemampuan diri sendiri.
  • Bangun kepercayaan diri.
  • Kenali potensi diri.
  • Mengasah softskill.
  • Menjadi diri sendiri.
  • Jangan lelah untuk mencoba hal baru.
Tips sukses ala Bill Gates yang merupakan salah satu entrepreneur tersukses di dunia dan juga seorang yang memiliki kepribadian introvert:
  1. Selalu punya semangat dan energi untuk menuju suskes
  2. Miliki kemampuan mempengaruhi orang lain
  3. Bekerja lebih keras
  4. Ciptakan masa depan
  5. Nikmati apa yang dikerjakan
  6. Bermain permainan mengasah otak
  7. Meminta nasihat
  8. Pilih orang-orang terbaik
  9. Jangan pernah menunda pekerjaan
  10. Miliki selera humor
Selain menjadi pemimpin yang baik, penulis yang hebat dan entrepreneur yang sukses. Para introvert juga bisa memilih pekerjaan-pekerjaan yang cocok bagi dirinya. Seperti dalam buku “keunggulan para introvert” Sabrina Osaka, beberapa pilihan jenis-jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert antara lain Akuntan, Konselor atau terapis, Fotografer, Peneliti, Interior designer, Dokter hewan, Editor dan penulis, Mekanik, Pustakawan, Programmer, Pengembang web, Social media Specialist, Apoteker, Seniman, Penerjemah.

Bagi para introvert, memiliki hobi bisa membuat hari-hari terasa lebih menyenangkan. Melakukan sesuatu di luar pekerjaan, mengisi waktu luang dengan sesuatu yang kamu sukai akan memberikan waktu sendiri, waktu lebih intens berkomunikasi dengan diri sendiri. Jenis hobi yang bermanfaat untk Kesehatan mental menurut “keunggulan para introvert” Sabrina Osaka antara lain berkebun, menulis, fotografi, menari, kegiatan seni, berlatih alat musik, memasak, solo traveling, belajar bahasa, meditasi, membaca, bermain puzzle.

Berikut beberapa hal yang harus kamu tanamkan dalam dirimu bahwa kamu layak berbangga sebagai introvert menurut buku “keungulan para introvert” Sabrina Osaka:
  1. Sadar diri, sebagai orang yang terbiasa berpikir dan berkomunikasi dengan dirinya sendiri, seorang introvert cenderung sadar akan dirinya.
  2. Tidak mudah bosan, Orang dengan kepribadian introvert betah menikmati waktu sendiri.
  3. Si hemat, si introvert yang tidak merasa perlu untuk mengikuti tren, seperti nongkrong di kafe, membeli barang-barang terbaru, dan segala hal yang mengarah pada tampil dan mengundang perhatian, jelas merupakan penghematan.
  4. Pendengar yang baik
  5. Berkarakter tenang
  6. Memilih kualitas daripada kuantitas
  7. Tingkat fokus tinggi
  8. Tidak mudah terpengaruh
  9. Persahabatan yang mendalam
  10. Rendah hati
  11. Kreatif
Cara menjadi introvert yang bahagia menurut buku “keunggulan para introvert” Sabrina Osaka:
  • Melihat diri secara utuh
  • Tonjolkan kekuatan
  • Tidak terpaku menjadi introvert
  • Bangun self-efficacy
  • Menghubungi kawan lama
  • Tidak terlalu memikirkan kata orang
Menjadi sosok introvert bukan berarti hal mutlak bahwa kamu tak bisa menikmati hidup. Introvert juga bisa bahagia. Justru, ada kelebihan-kelebihan dari sosok introvert yang membuatnya semakin matang dalam mengambil keputusan serta berprestasi. Tak perlu juga terkungkung dalam batasan bahwa introvert tidak boleh berinteraksi sosial. Introvert itu pemalu. Introvert itu pendiam. Itu semua adalah asumsi usang, dan bukan patokan tentang bagaimana harus bersikap. Ketika sudah tahu cara menjadi versi terbaik diri sendiri, maka kepercayaan diri akan terbangun dengan sendirinya. Selamat menikmati hidup! (Sabrina Osaka: hal 137-138)
 

REVIEW BUKU
Menurut saya buku “keunggulan para introvert” dari Sabrina Osaka sangat cocok untuk dibaca apalagi untuk para introvert. Muatan bukunya bagus berisikan penjelasan-penjelasan yang realistis disekitar kehidupan para introvert. Buku ini juga menawarkan tips untuk kepribadian lain baik ekstrovert dan ambivert dalam memahami kepribadian introvert. Selain tips-tips yang dipaparkan dalam buku ini mengenai kehidupan introvert, mulai dari mengenali diri sendiri sampai menjadi introvert yang mampu memaksimalkan potensi dalam diri introvert. Buku “keunggulan para introvert” juga memberikan contoh tokoh-tokoh sukses dengan kepribadian introvert di dunia dari berbagai bidang. Hal ini menarik dan menurut saya bisa memberikan penyemangat bagi para introvert untuk memajukan setiap potensi dalam dirinya agar bisa menjadi introvert yang sukses dan hebat layaknya para tokoh-tokoh tersebut.

Bagi para introvert, buku ini salah satu yang saya rekomendasikan untuk dibaca, pokoknya akan mendapatkan banyak pengetahuan dalam mengenali pribadi introvert juga bisa memberikan inspirasi bagi para introvert dengan membaca tokoh-tokoh introvert yang sukses di dunia dan tips-tips agar menjadi introvert yang bahagia lahir dan batin. Jadilah diri sendiri karena menjadi introvert adalah karunia. Dari saya, silahkan miliki bukunya dan siapkan teh hangat untuk membaca buku “keunggulan para introvert” dari Sabrina Osaka. Dengan halaman yang tidak terlalu tebal sekitar 140 halaman sepertinya satu jam hingga dua jam cukup untuk menamatkan buku ini dan setelah membaca semoga mendapatkan inspirasi untuk mengembangkan potensi diri.

DETAIL BUKU
Judul Buku: Keunggulan Para Introvert
Penulis: Sabrina Osaka
Publishing Director: Gafna Raizha Wahyudi
Editor: Daru Wijayanti
Cover Designer: Candra
Layout Designer: Bayu
ISBN: 978-623-98752-2-0
Tebal Halaman: 140 halaman

TENTANG PENULIS
Sabrina Osaka adalah seorang penulis aktif kelahiranYogyakarta, tulisannya telah banyak diterbitkan oleh beberapa penerbit. Karya tulisnya diantaranya adalah: Cepat Pintar Ngomong Mandarin-Inggris-Indonesia, Sistem Cespleng!; Buku Pintar Lengkap Percakapan Sehari-hari Menggunakan Bahasa Korea; 171 Kutipan Motivasi Super Dahsyat; 101 Keys To Successful Life; Smart English Vocabulary; 101 Prinsip Kepemimpinan; serta buku-buku Kesehatan, pengetahuan umum, buku anak, dan buku dongeng. Karya-karyanya telah banyak diterbitkan oleh penerbit Diglossia Media dan Imperium, Yogyakarta.

THANK YOU…

 

 

Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

LEBIH MENGENAL INFJ

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE

KATA-KATA BIJAK GANDALF DALAM FILM THE LORD OF THE RING