REVIEW NOVEL SANG PEMANAH PAULO COELHO DAN KATA-KATA INSPIRATIF DI DALAMNYA

REVIEW NOVEL”SANG PEMANAH” PAULO COELHO DAN KATA-KATA INSPIRATIF DI DALAMNYA

Paulo Coelho, pengarang buku bestseller internasional Sang Alkemis. Menceritakan kisah inspiratif tentang seorang anak yang mencari kebijaksanaan dan pelajaran tentang kehidupan dari sang pemanah.


Novel sang pemanah berkisah tentang Gandewa sang pemanah ulung yang pernah sangat termasyhur, namun dia telah mengundurkan diri dari dunia ramai. Suatu hari, seorang anak lelaki datang mencarinya bersama seorang asing. Begitu banyak yang ditanyakan anak ini, dan Gandewa menjawab dengan menggambarkan Jalan Busur serta prinsip-prinsip utama dalam menjalani kehidupan yang bermakna.

Dalam cerita yang disampaikan dengan sederhana ini, Paulo Coelho bertutur tentang pokok-pokok penting dalam kehidupan, antara lain kerja keras dan antusiasme, berani mengambil risiko, tidak takut gagal, dan menerima hal-hal tak terduga yang disodorkan oleh nasib.


Berikut ini adalah quotes inspiratif dari Novel Sang Pemanah yang penuh makna dan pelajaran:

“Anda memiliki kemampuan, kesungguhan, dan postur. Teknik anda bagus dan anda sangat menguasai busur anda, tetapi anda belum menguasai pikiran anda. Anda tahu cara memanah pada saat situasinya serba mendukung, tetapi begitu anda dikepung bahaya, anda tidak dapat mengenai sasaran. Pemanah tidak bisa selalu memilih medan pertempurannya, jadi mulailah berlatih kembali, dan bersiaplah menghadapi berbagai situasi sulit”

“Kita tidak boleh menilai orang tanpa lebih dulu belajar mendengarkan dan menghormati mereka”

“Mengajarkan jalan itu tidaklah sulit. Aku bisa mengajarimu tidak sampai satu jam, sambil kita berjalan pulang ke desa. Yang sulit adalah melatihnya setiap hari, sampai kau mencapai ketepatan yang dibutuhkan”

“Percayalah pada intuisimu dan jangan dengarkan apa kata orang lain”

“Manusia selalu menilai sesamanya dengan membandingkannya dengan keterbatasannya sendiri, dan pendapat orang lain sering kali penuh prasangka dan rasa takut”

“Bergabunglah dengan mereka yang berani bereksperimen, mengambil risiko, gagal, terluka, kemudian mengambil lebih banyak risiko lagi. Jauhi mereka yang menegaskan kebenaran, yang mengkritik orang-orang yang tidak sepemikiran dengan mereka, orang-orang yang tak pernah bertindak sekali pun, kecuali yakin mereka bakal dihormati karena melakukannya, dan yang memilih kepastian dibandingkan keraguan”

“Bergabunglah dengan mereka yang berkarya dengan semangat berkobar, dan karena engkau dapat bermanfaat bagi mereka seperti halnya mereka bagimu, cobalah memahami perangkat mereka juga, dan bagaimana kecakapan mereka dapat ditingkatkan”

“Kalau tak pernah mengambil risiko, kau takkan pernah tahu perubahan-perubahan yang perlu kau lakukan”

“Kaulah yang memilih sasaranmu, dan kaulah yang bertanggung jawab atas hal itu”

“Ketenangan terbit dari dalam hati. Meskipun sering disiksa oleh pikiran-pikiran yang penuh ketidakpastian, hati kita tahu bahwa dengan postur yang tepat, dia sanggup melakukan yang terbaik”

“Bila engkau merasa tegang, tarik napas dalam-dalam, niscaya itu akan membantumu berfokus pada setiap tahap”

“Tak perlu tegang, sebab mustahil mengingat semua aturannya didalam benakmu. Tinjau setiap tahap dengan pikiran hening, dan akan kau lihat lagi semua saat yang paling sulit dan bagaimana kau mengatasinya”

“Gunakan saat-saat burukmu untuk mencari tahu apa yang membuatmu gentar. Gunakan saat-saat baikmu untuk menemukan jalanmu menuju kedamaian batin”

“Ada dua jenis bidikan. Yang pertama adalah bidikan yang dilakukan dengan ketepatan sempurna, namun sama sekali tak berjiwa. Bidikan jenis kedua adalah yang dilakukan dengan sepenuh jiwa”

“Tak ada sesuatu pun didunia ini yang akan terus tinggal bersama kita hingga lama: suatu waktu tanganmu harus membuka dan membiarkan karsamu mengikuti takdirnya”

“Namun, yang terutama, jangan pernah lupa bahwa ucapan yang menginspirasi ini baru terasa masuk akal jika engkau mengalaminya sendiri”

“Setiap detik aku berjuang mengalahkan nafsu-nafsuku dan perasaan mengasihani diri sendiri. Aku harus tetap fokus dan tenang, melakukan pekerjaan yang kupilih dengan cinta, dan tak pernah mengandalkan masa kini”


Akhir tulisan, menurut saya banyak banget sih makna dan pesan moral yang dapat dipetik dari Novel Sang Pemanah ini mulai dari kerendahan hati, keberanian, perjuangan, melawan rasa takut dan keraguan, mensyukuri hidup, ketenangan, belajar saling menghormati dan menghargai. Memang karya-karya Paulo Coelho selalu memberikan pesan moral dengan kata-kata inspiratifnya yang memberikan pengalaman tersendiri bagi para pembaca. Saya sendiri pun bila dalam keadaan yang kurang bersemangat, dalam kemurungan, lelah, mencoba membaca kembali karya Paulo Coelho dan entah kenapa ketika membaca kata-kata inspiratifnya, saya menjadi merenung dan mencoba ulang untuk menghilangkan semua resah, lelah, murung tersebut dan melihat betapa bersyukurnya saya masih diberi nikmat hidup oleh yang Maha Kuasa.



Tentang Paulo Coelho
Kehidupan Paulo Coelho selalu menjadi sumber inspirasi utama buku-buku karyanya. Dia pernah bercumbu dengan maut, luput dari kegilaan, bermain-main dengan obat terlarang, bertahan dari siksaan, bereksperimen dengan sihir dan alkimia, mempelajari filsafat dan agama, membaca dengan rakus, kehilangan dan menemukan kembali imannya, dan mengalami rasa sakit dan nikmatnya cinta. Dalam perjalanannya mencari tempatnya sendiri di dunia, dia telah menemukan jawaban-jawaban atas berbagai tantangan yang dihadapi semua manusia. Dia percaya bahwa di dalam diri kita ada kekuatan yang dibutuhkan untuk menemukan takdir kita sendiri.

Buku-buku Paulo Coelho telah disulihbahasakan ke dalam 83 bahasa dan sudah terjual lebih dari 320 juta eksemplar di lebih dari 170 negara. Novelnya tahun 1998 yang berjudul Sang Alkemis telah terjual lebih dari 85 juta eksemplar dan telah dikutip sebagai inspirasi oleh berbagai orang seperti Malala Yousafzai dan Pharrell Williams.

Paulo Coelho merupakan anggota Brazilian Academy of Letters dan telah menerima Chevalier de I’Ordre National de la Legion d’Honneur. Pada tahun 2007, dia ditunjuk sebagai Duta Perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa.

THANK YOU….


Komentar

  1. Novel yg sederhana namun bermakna, setuju, soalnya gak banyak halamannya cuma 100 an halaman itu pun di muat dengan gambar, asli teman bacaan yg menarik

    BalasHapus

Posting Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

LEBIH MENGENAL INFJ

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE

DARI AQUASCAPE KE AQUARIUM IKAN MAS KOKI