PENGALAMAN MEMBACA SAYA

PENGALAMAN MEMBACA SAYA

Kalau tentang pengalaman membaca, saya sendiri mungkin agak bingung untuk menceritakannya, tapi kali ini saya coba untuk berbagi pengalaman tentang apa saja yang sudah saya baca. Kenapa saya bilang agak bingung menceritakan, karena saya cenderung membaca beberapa bidang pengetahuan dengan jenis buku yang berbeda beda, barang kali pada kesempatan kali ini saya tulis beberapa buku yang memang saya pikir memberikan pengalaman membaca yang menarik dan banyak memberikan pengetahuan, walaupun beberapa materi di dalam buku yang saya baca mempunyai penjelasan yang berat jadi terkadang saya harus research beberapa sudut pandang tentang buku dan materi tersebut.

Kadang kala saya harus research secara online di forum-forum web, untuk mendapat recommended buku yang harus di baca. Dari situ terkadang saya menjadi penasaran dan mengulik lebih banyak tentang buku tersebut. Baru lah setelah saya makin penasaran dan ingin memiliki bukunya saya langsung membelinya dan biasanya beli online. Bagi saya kalau hanya mendapat point-point penting yang biasanya di review banyak orang di forum-forum online kurang nikmat bahkan seperti kita menonton review makanan, kita hanya menonton dan orang yang makan yang merasakannya tapi kita sendiri tidak merasakan secara langsung makanan tersebut. Maksud saya, lebih lengkap kalau kita juga merasakannya baik membaca buku dengan membeli bukunya dan menikmati makanan dengan membelinya juga.

Dengan membaca rekomendasi itu lah saya kadang-kadang menyaring buku-buku yang harus saya baca dan beli. Biasanya buku-buku yang sudah banyak terjual dan bestseller, buku-buku dari ilmuwan terdahulu yang namanya sudah melekat dengan bidangnya, namun terkadang banyak juga buku yang tidak di dua kategori tadi yang ternyata bagus-bagus juga dan memberikan pengalaman dan pengetahuan pembaca. Buku-buku yang sering saya baca biasanya adalah jenis buku fiction, non fiction, self improvement, history, biography, economy, religion.

Saya tidak membatasi diri untuk membaca tema apapun, saya tertarik dengan buku apa aja untuk dibaca, terkait isi buku tersebut dan setelah membacanya barulah saya bisa mereview buku tersebut apakah bagus untuk dibaca dan dipelajari atau buku tersebut hanya untuk pengalaman membaca saya aja. Karena mungkin isinya banyak yang sudah tahu dan topik yang kurang menarik bagi banyak orang atau sebagian orang. Kadang saya sendiri agak kesulitan kalau untuk menggambarkan buku-buku tebal yang saya baca, yang biasanya lebih dari 500 halaman. Butuh waktu juga untuk mencerna dan mengimajinasikan serangkaian materi dan bab dalam buku tersebut agar terkoneksi satu sama lain. Ditambah lagi perlunya research lebih agar saya tidak gagal paham. Karena banyak juga di buku yang saya baca adalah karya-karya filsuf dunia yang namanya sudah melekat dengan bidang pengetahuan bahkan dikenal sebagai bapak dari bidang pengetahuan tersebut.

Beberapa buku yang saya baca dan koleksi di rumah. Mungkin bisa jadi rekomendasi bagi yang membaca tulisan saya. Satu lagi, kalau saya selalu membeli buku original karena lebih baik pastinya ketimbang yang non original. Berikut versi saya kenapa harus beli buku yang original

ALASAN HARUS BELI BUKU ORIGINAL
  1. Kondisi buku lebih terjamin baik dari cetakan, kertas, penjilidan.
  2. Cetakan jelas, bersih, dan enak di baca beda kalau dengan yang non original.
  3. Kertas yang digunakan juga bagus bisa tahan lama.
  4. Penjilidan yang kuat beda dengan yang non original, kalau yang buku original tidak mudah lepas penjilidan kertasnya sehingga bisa tahan lama dan masih punya nilai jual, sedang buku non orginal mudah lepas penjilidan kertasnya jadi mudah rusak dan tidak tahan lama.
  5. Beli buku original punya kebanggan sendiri, keinginan merawatnya tinggi. Beda dengan buku non original karena tahu murah dan gak tahan lama.
  6. Buku original sebagai arsip literasi. Bisa diturunkan ke penerus kita entah anak, saudara dan lain-lain. Karena orginal dan terawat jadi tidak mudah rusak dan pastinya tahan lama.
  7. Buku original asli dari penerbit sehingga secara langsung kita menghormati hak cipta pengarang dan penerbitnya.
  8. Membeli buku original membantu mensupport para pengarang buku-buku agar melahirkan karya-karya baru yang bermanfaat.
  9. Buku original mempunyai nilai lebih tersendiri bila diletakkan sebagai display pajangan di rumah. Tidak malu-maluin maksdunya
  10. Pilihan hadiah terbaik bagi siapa saja, kalau yang ini sesuai kebutuhan masing-masing

Berikut 20 buku yang pernah saya baca dan yang bisa saya share, semoga bisa jadi rekomendasi untuk dibaca juga:

  1. THE WEALTH OF NATIONS BY ADAM SMITH
  2. DAS KAPITAL BY KARL MARX
  3. THE INTERPRETATION OF DREAMS BY SIGMUND FREUD
  4. MEIN KAMP BY ADOLF HITLER
  5. SEJARAH DUNIA YANG DISEMBUNYIKAN BY JONATHAN BLACK
  6. SAPIENS BY YUVAL NOAH HARARI
  7. A HISTORY OF PSYCHOLOGY BY OTTO KLEMM
  8. A GENERAL OF INTRODUCTION TO PSYCHOLOGY BY SIGMUND FREUD
  9. FORENSIC ACCOUNTING BY MARK F. ZIMBELMAN
  10. 1453 BY ROGER CROWLEY
  11. THE HOBBIT BY J.R.R. TOLKIEN
  12. CATATAN SEORANG DEMONSTRAN BY SOE HOK GIE
  13. SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT BY MARK MANSON
  14. THE PSYCHOLOGY OF MONEY BY MORGAN HOUSEL
  15. THE NARRATIVE OF ARTHUR GORDON PYM OF NANTUCKET BY EDGAR ALLAN POE
  16. ANIMAL FARM BY GEORGE ORWELL
  17. SANG ALKEMIS BY PAULO COELHO
  18. SANG PEMANAH BY PAULO COELHO
  19. THINK AND GROW RICH BY NAPOLEON HILL
  20. QUIET IMPACT TAK MASALAH MENJADI ORANG INTROVER BY SYLVIA LOEHKEN

Nah itu tadi 20 buku yang masih menduduki peringkat di rak buku saya dari buku-buku lain yang tidak bisa saya sebutkan, karena ada juga buku-buku akademis perkuliahan seperti Akuntansi, Sistem Informasi Manajemen, Ekonomi, Auditing, Pajak, yang memang studi saya dahulu. Saya juga bersyukur berkas-berkas buku saat masih sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) masih terjaga dan terawat seperti buku Matematika, Fisika, Kimia, Geografi, Biologi, Sejarah, Komputer dan lain-lain. Maaf kalau hanya judul bukunya yang saya share diatas, nantikan aja review saya di tulisan selanjutnya tentang buku-buku tadi. Stay tune…
Ada pepatah yang mengatakan :

“Kalau kita ingin mengenal seseorang itu, Gampang…

Lihat saja Rak Bukunya.”

 

THANK YOU

Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

LEBIH MENGENAL INFJ

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE

DARI AQUASCAPE KE AQUARIUM IKAN MAS KOKI