Edgar Allan Poe, The Narrative Of Arthur Gordon Pym Of Nantucket

MENGENAL EDGAR ALLAN POE PERTAMA KALI


Kali ini saya mau berbagi cerita tentang salah satu buku novel yang menurut saya antimainstream yang di buat oleh Edgar Allan Poe, sastrawan asal Amerika Serikat. Judul karyanya The Narrative of Arthur Gordon Pym of Nantucket. Sedikit cerita sebelumnya saya mengenal novel karya Edgar Allan Poe ini sejak saya masih SMP sekitar tahun 2008, dimana pada saat itu saya sedang iseng-iseng membaca majalah bekas yang di dalamnya juga ada artikel-artikel, nah secara gak sengaja saya membaca artikel yang memuat tentang novel yang dibuat oleh Edgar Allan Poe ini. Menariknya ketika saya membaca artikel tentang novel ini ternyata novel ini menjadi kisah yang terjadi di dunia nyata, padahal novel ini hanya karangan fiksi Edgar Allan Poe dan di buat sang penulis jauh sebelum kisah ini menjadi kenyataan.

Mulai dari artikel tersebut saya sedikit banyak tahu tentang Edgar Allan Poe dan karyanya yang menarik. Dan memang beliau menurut saya sangat unik dan antimainstream di dalam karya-karyanya, walaupun terkesan sadis, horror, misterius tapi memberikan pikiran-pikiran yang belum banyak atau ada yang dijamah oleh novelis-novelis lain pada zamannya. Dan Edgar Allan Poe ini salah satu sastrawan berpengaruh di dunia. Dari pertama saya tahu karya Edgar Allan Poe dan novelnya The Narrative of Arthur Gordon Pym of Nantucket, Saya ingin sekali memilikinya tapi baru tahun 2022 saya mendapatkan novel ini itupun beli online dan ternyata versi bahasanya masih bahasa inggris, artinya belum ada publisher di Indonesia yang mencoba menerjemahkan novel ini dengan bahasa Indonesia, sepencarian saya terhadap novel ini. Walaupun saya baru tahu novel ini tahun 2008 dan baru bisa punya di tahun 2022 setidaknya saya lega karena keinginan saya memiliki novel karya Edgar Allan Poe satu ini terlaksana. Nah, saya akan menceritakan tentang novel ini ke kalian seperti saya membaca artikelnya pada awal saya tahu.

The Narrative of Arthur Gordon Pym of Nantucket, yang terbit pada 1838, bercerita tentang petualangan Arthur Gordon Pym sebagai pelaut. Kapal yang ditumpangi Arthur dan teman-temannya terjadi pemberontakan dan mengalami terjanganan badai, membuat kapalnya rusak, dan menyisakan hanya Arthur dan beberapa orang, karena harus bertahan di lautan sedang persediaan makanan habis, untuk itu hadirlah pikiran untuk mengorbankan satu dari beberapa orang yang selamat agar daging dan darahnya bisa di manfaatkan untuk bisa bertahan hidup. Terpilihlah orang yang malang itu bernama Richard Parker sebagai korban kanibalisme.

Kisah Arthur dan kawan-kawannya ternyata menjadi kenyataan. Pada tahun 1884, sebuah kapal kecil bernama Mignonette berangkat dalam misi perjalanan dari Inggris ke Australia. Mengalami hal serupa yaitu menghadapi hantaman badai yang besar sehingga memporagporandakan kapal kecil tersebut, para awak kapal hanya bisa menggunakan sekoci untuk selamat dari kapal yang hancur tanpa persediaan makanan. Seiring waktu berlalu dan terombang-ambing di lautan, tanpa makanan dan minuman para awak yang masih selamat memutuskan untuk mengorbankan satu diantara mereka agar darah dan dagingnya bisa dimakan untuk bertahan hidup. Dan kembali terjadi kanibalisme di sekoci tersebut. Dan kalian tahu kesamaan yang mengerikan dari peristiwa di dalam karya Edgar Allan Poe dan di dunia nyata, yaitu nama korbannya sama sama Richard Parker. Sebuah kebetulan yang mengerikan bukan?.

Banyak karya-karya Edgar Allan Poe yang menarik untuk dibaca seperti contohnya The Raven, The Murder of Rue Morgue. Karya-karya Poe bertemakan hal-hal misterius seperti detektif yang memecahkan kasus tertentu dan kisah-kisah kejahatan yang alur ceritanya menegangkan tapi itu bagian dari uniknya karya Edgar Allan Poe. Dan sekedar info bahwa karyanya juga pernah di Filmkan dengan judul The Raven pada tahun 2012 yang dibintangi actor John Cusack dan Luke Evans. Filmnya juga seru dan kalau kalian mengenal Edgar Allan Poe pasti harus banget nonton filmnya. Sekian tulisan saya kali ini semoga bisa menambah pengetahuan kalian.


THANK YOU

Komentar

  1. Pengetahuan yang menarik nih

    BalasHapus
  2. Artikel Mr. Edgar Allan Poe lagi, bro agus penyuka Poe ya

    BalasHapus

Posting Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

LEBIH MENGENAL INFJ

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE

DARI AQUASCAPE KE AQUARIUM IKAN MAS KOKI