LEBIH MENGENAL INFJ

LEBIH MENGENAL INFJ

Kalau ngomongin INFJ, yang terbenak dipikiran kita adalah salah satu tipe kepribadian yang ada di MBTI, di MBTI sendiri ada 16 tipe kepribadian, garisan besarnya ya antara pribadi introver (I) dan ekstrover (E), nah INFJ adalah salah satu pribadi introver yang menurut MBTI sendiri adalah tipe kepribadian yang paling langkah didunia dibanding tipe kepribadian lainnya. Nah, saya mau berbagi sesuai dengan pengalaman yang saya lihat baik dari bacaan-bacaan dibuku, web, dan juga pengalaman langsung tentang orang-orang yang berkepribadian INFJ ini, karena memang tipe kepribadian ini bagi saya sendiri unik dan ya langka, berbeda banget dengan orang kebanyakan deh si INFJ ini. Uniknya INFJ sering kali membuat orang yang mengenalnya jengkel, sebel, ngangenin, dan bikin senyum-senyum sendiri karena sikapnya hahahaha.

Berikut ini yang bakal kalian temui kalau bersama si INFJ ini :

  1. Pendiam yang parah, orangnya sulit membuka obrolan apalagi dengan orang-orang baru meskipun bisa itu hanya basa-basi sebagai formalitas sosial, padahal ini tipe kepribadian yang paling gak suka basa-basi, tapi dibeberapa kesempatan jurus ini yang mampu dipakai agar seengganya tidak dibilang cuek dan kaku.
  2. Gak suka basa-basi, ya si INFJ ini bisa dibilang orang yang pintar dan pengetahuannya luas, kenapa bisa begitu, walaupun INFJ pendiam parah, cuek, gak banyak omong sebetulnya di kerangka otaknya mikir terus baik itu informasi terkini, fakta-fakta menarik, pokoknya INFJ itu open minded orangnya, dalam artian terbuka untuk apapun berkaitan dengan pengetahuan. Ada istilah “orang yang otaknya besar (pintar/cerdas) lebih sedikit bicara ketimbang orang yang otaknya kecil (bodoh) yang banyak omong tapi gak ada isinya”. Makanya INFJ tidak suka bicara basa- basi yang tidak ada isinya dan maknanya dan hanya buang-buang waktu aja baginya.
  3. Empati dan simpatinya sama orang lain itu kuat banget, INFJ karena punya perasaan yang kuat/ feeling (F) mudah sekali untuk berempati dan simpati kepada seseorang bahkan sama orang yang baru dikenal, tapi terkadang INFJ sendiri berpikir takut terjebak dengan rasa empati dan simpatinya yang dia berikan ke orang lain karena takutnya dia salah penilaian terhadap orang yang sudah di berikan empati dan simpatinya. Walaupun INFJ menganggap biasa aja bila dibohongi.
  4. Idealisme yang kokoh, kalian bisa bilang INFJ keras kepala, kepala batu, egois, padahal INFJ hanya mempercayai batasan-batasan yang dijaga atau bisa dibilang rules (aturan-aturan) yang dia susun di otaknya. Kalau itu bertentangan dan membahayakan dirinya maka INFJ akan mengatakan tidak. Sekali tidak ya tidak. Dan bila ada yang bisa ngasih bisikan ke INFJ untuk mencairkan hati dan pikirannya agar gak terlalu idealis, saya kasih tahu ke kalian hanya orang yang punya label VVIP di hidupnya yang bisa ngelakuin itu ke INFJ walaupun hanya sekedar saran dan masukan.
  5. Orang salah sangka kalau INFJ dibilang pendendam, memang kelihatannya INFJ diam, misterius, menjauh kalau konflik dengan seseorang tapi bukan berarti INFJ akan dendam dan menyusun rencana balas dendam, saya kasih tahu kalau INFJ itu berhati malaikat, justru ketika kalian sakitin dan hancurin dia dan dalam waktu tertentu kalian sadar dan minta maaf ke dia, dia pasti maafin tuh, cuma ada harga yang harus dibayar bahwa kalian dan dia sudah selesai waktu itu juga, dan INFJ akan pergi hilang dari kalian tanpa bilang kalau dia terluka. Kembali lagi INFJ akan membawa luka dan kekecewaannya dalam diam tanpa ada unsur dendam sedikitpun. Sekali lagi hatinya malaikat.
  6. Banting pintu atau istilahnya doorslam, ini jurus terakhir yang bisa seorang INFJ lakukan kepada orang yang sudah keterlaluan sama dia, keterlaluan disini bahwa orang tersebut secara sikap sudah berubah dari penilaian si INFJ yang tadinya orang itu sederhana berubah jadi mewah gak karuan, yang tadinya gak neko-neko menjadi bergaya yang tidak seperti INFJ kenal, yang tadinya komitmen malah jadi berubah ubah, yang tadinya sikapnya sopan berubah jadi buas, yang tadinya tidak sering telat malah telat melulu. Pokoknya secara sikap sudah membuat INFJ muak dan kecewa, walaupun kecewa disini bagi INFJ hanya hal wajar dan gak diambil pusing. Kalau INFJ sudah melakukan doorslam ini artinya orang yang kena doorslamnya sudah parah banget. Singkat kata jurus doorslam bisa dibilang dengan sikap pendiam lebih diam dari sebelumnya, kaku lebih kaku dari sebelumnya, menghindari jarak orang yang di doorslam, bicara formalitas doang, sudah menutup pembicaraan mengenai hal apapun apalagi pribadi. Istilahnya, terima kasih sudah menjadi bagian perjalanan hidup si INFJ, semoga kita gak ketemu lagi. Dan kalaupun ketemu itu maunya tuhan dan semesta bukan karena keinginan INFJ.
  7. Punya mental yang kuat tapi suka mengalah, itulah INFJ kalau ditanya mental walaupun seorang yang pendiam tapi mentalnya baja, tidak tergoyahkan, kalian jatuhkan dia seribu kali dia akan bangkit seribu kali juga, INFJ punya semangat yang sangat tinggi yang juga membuat mentalnya kuat tapi walaupun demikian pribadi INFJ juga gampang mengalah orangnya, dia itu tipe-tipe yang gak enakan orangnya, jika mengalah bisa menentramkan suasana dan membuat orang lain senang, dia rela banget tuh untuk mengalah. Bagi INFJ hubungan yang harmonis lebih penting atau orang lain lebih penting ketimbang dirinya sendiri.
  8. Tempatnya berbagi dan bertukar pikiran, INFJ pribadi yang disenangi lawan bicaranya karena bukan aja dia pendengar yang baik melainkan wawasannya yang luas,  pengalaman yang dialaminya dan open minded sehingga siapapun yang mengobrol dengan INFJ selalu punya kesan bahwa INFJ adalah orang yang asyik diajak ngobrol.
  9. Sering menghilang entah kemana, itulah INFJ, INFJ punya banyak alasan kenapa dia melakukan jurusnya itu, jurus menghilang, dan itu paling banyak disebabkan karena dia butuh mengisi ulang "baterai" dalam dirinya, INFJ jika sering melakukan aktivitas yang rutin dan berurusan dengan banyak orang ditambah suasana yang bising penuh hiruk pikuk pastinya membuat INFJ kelelahan sangat, untuk itulah dia butuh menenangkan diri sejenak agar "baterainya" terisi kembali dengan cara menghilang dulu dari peradaban dan hilangnya hanya dia dan tuhan yang tahu.
  10. Paling tidak suka dibohongi dan dikhianati, kepercayaan bagi INFJ adalah harga mati, jadi kalau dibohongi sekali dua kali masih bisa di tolerin sama INFJ, cuma kalau sudah lebih dari itu INFJ akan menarik diri dari si pembohong tersebut dan tidak akan pernah mengenal INFJ lebih dekat. Lebih baik kalian jujur sama INFJ karena kalau kalian bohong pun dia tahu hahahaha. INFJ seperti punya lie detector sendiri.
  11. Pribadi yang gak bisa dikadalin, kalau kalian berupaya mengadali INFJ dan berfikir INFJ tidak sadar, kalian salah besar, INFJ tahu betul kalau dia sedang dimanfaatkan bahkan sedang di bohongi. Cuma dia diam-diam aja untuk hal itu, bagi dia, kalian diam aja isi otak kalian sudah dia tahu hahaha.
  12. Suka menolong orang tapi ditolong dia malah menjauh, INFJ emang begitu gak suka ditolong sama orang yang dia kurang kenal semakin di tolong semakin dia menjauh, aneh betul kan.
  13. Pribadi yang independen, INFJ itu penyendiri dan pemikir, karena itulah INFJ menjadi pribadi yang tidak memihak dan tidak didikte siapapun, jadi dia bebas dalam menentukan standar yang dia anggap benar dan bermoral.
  14. Setia dan loyalitas, INFJ tidak akan dipisahkan dengan kata setia dan loyalitas, jika kalian sudah mengenal INFJ kalian akan menemukan dua kualitas dari sifat tadi di diri INFJ. Setianya gak akan berpaling dengan yang lain apalagi urusan cinta dan persahabatan, loyalnya gak ada duanya deh, dia bahkan mempertaruhkan dirinya sendiri untuk menunjukkan betapa loyalnya dia untuk kalian.
  15. Tidak bisa melihat diskriminasi, INFJ anti betul terhadap jenis diskriminasi apapun baik urusan status sosial, pekerjaan, status pendidikan/gelar,  juga tugas. Pokoknya diskriminasi yang membuat orang lain menjadi lebih rendah dan menderita itu yang ditentang oleh INFJ, dan entah kenapa dia sering berfikir untuk bisa mengatasi masalah seperti itu, karena INFJ selalu punya gambaran terhadap dunia yang indah dan damai dimana semua orang bisa hidup dengan sejahtera tanpa ada diskriminasi bahkan intimidasi.
  16. Uang, jabatan, gelar bukanlah yang dikejar INFJ, dan itu bukanlah segalanya bagi INFJ, bahwa kebahagiaan tidak selalu didasarkan uang, jabatan, gelar, INFJ punya standar kebahagiaan sendiri dan tidak didasarkan atas penilaian orang lain. Dia tahu betul kebahagiaan yang diinginkan dan dia selalu berusaha mewujudkannya.
  17. Selalu jadi yang menonjol dari yang lain, INFJ seperti punya kutukan itu, jika INFJ  didalam suatu kelompok entah kenapa INFJ yang selalu ditunjuk sebagai ketua, penggagas ide, bahkan menyelesaikan tugas dan masalah, padahal INFJ adalah pribadi yang pendiam dan pasif. Itu terjadi karena INFJ tidak bisa membohongi diri bahwa INFJ adalah tipe pekerja keras, pemikir, rajin, berani,dan bertanggung jawab. Dan INFJ tidak betah dan geregetan kalau sesuatu itu tidak selesai-selesai bahkan dibiarkan begitu aja. Bisa dibilang punya bakat menjadi pemimpin.
  18. Punya bakat membaca pikiran orang lain, INFJ itu kaya cenayang bisa meramal dan membaca sesuatu. Kalian akan heran akan hal ini tapi seperti itulah INFJ, mereka diberkahi kemampuan untuk melihat sesuatu yang ada di diri orang lain. Kemampuan intuisinya (N) yang kuat membuat INFJ bisa menilai sikap, sifat, perilaku bahkan cara berfikir orang lain walaupun baru ketemu atau kenal. Dan walaupun ini sangat subyektif tapi kemampuan membaca dan meramal ini sering benar dan terjadi. Hal ini terjadi karena INFJ melihat dari seluruh aspek yang bisa ditinjau dari seseorang baik itu dari gestur tubuh, pola kebiasaan, perilaku sehari-hari, penampilan, bahkan kata-kata yang keluar dari seseorang bisa menjadi unsur untuk tahu isi otak orang tersebut bagi INFJ.
  19. Kesederhanaan adalah INFJ, jika kalian bertemu seseorang yang kalian anggap adalah seorang INFJ dan dia berpenampilan mewah dan foya-foya, jelas itu bukan INFJ, kalian salah menilai. INFJ bahkan dalam penampilan sangat sederhana dan tidak istimewa, berpenampilan sederhana bagi INFJ bisa diterima semua kalangan, dan menjadi menonjol bukan maunya INFJ, INFJ tidak pernah ada niatan menonjolkan diri, tapi memang dia di berkahi alam untuk berbeda dengan yang lain yang membuat dia menonjol, karena dedikasi dan usahanya yang jempolan.
  20. Memendam rasa adalah keahlian INFJ, engga tahu kenapa INFJ itu kaku, datar, seperti orang yang gak sedih dan gak senang, tapi kalian juga harus tahu INFJ juga manusia punya rasa punya hati. Bedanya INFJ mengolah itu semua tidak seperti kebanyakan orang, INFJ lebih memilih untuk memendam perasaannya terlebih dahulu karena dia sadar betul dia sendiri yang punya terapi untuk perasaannya agar tidak berlebihan atau baper. Nah pengolahan perasaan dan emosi ini yang membuat orang lain nyaman berbagi dengan INFJ karena INFJ bukan tipe baperan orangnya.
  21. Sosok dibalik layar, kalau ada kerjaan banyak terus tiba-tiba sudah selesai, ada masalah terus sudah selesai, sampai kalian mungkin heran kok sudah beres aja ya semua kerjaan dan masalah, INFJ itu kaya gitu melakukan sesuatu tanpa orang lain sadari, ibaratnya seperti pahlawan tak terlihat. INFJ melakukan hal-hal demikian karena INFJ sadar betul bahwa kehadirannya bukan untuk dilihat tapi untuk yang melihat. Jadi kalau orang lain gak peka mengerjakan sesuatu dan gak bisa menyelesaikan masalah, INFJ dengan kepekaannya dan kedetailannya serta kerja kerasnya akan merampungkan itu semua. Dan dia melakukan itu bukan untuk dilihat, dia sendiri sebetulnya jengkel tapi memang harus dilakukan demi kebaikan bersama. Istilahnya lebih baik dia kerjakan sendiri daripada nunggu orang lain yang belum tentu bisa menyelesaikan.
  22. Pemalas yang disiplin, aneh kan INFJ, dia bisa sangat malas di waktu tertentu seperti waktu untuk menyendiri dan waktu liburnya dia, pokoknya waktu malas bagi dia adalah untuk me time yang sebetulnya digunakan untuk membaca buku, nonton film, menulis. Semalas-malasnya INFJ itu begitu. Dan kalau masalah yang menyangkut pekerjaan, INFJ benar-benar disiplin apalagi masalah datang ke tempat kerja. INFJ itu gak suka banget sama orang telat sebetulnya, bagi dia telat itu menyepelekan komitmen yang sangat sederhana, kalau komitmen sederhana aja sulit dipenuhi apalagi komitmen yang lebih dari itu. Jadi kalau kalian terbiasa disiplin dan INFJ sudah menilai kalian seperti itu, di jaga konsistensinya ya, jangan sampai kalian jadi orang yang gak disiplin sehingga INFJ tidak menaruh simpatinya ke kalian. Kalian bisa banyak belajar dari INFJ tapi kalau INFJ sudah tidak simpati jangan harap INFJ mau berbagi ke kalian.
  23. Terhanyut dengan pikirannya sendiri, kebiasaan ini yang ada di diri INFJ, saking senengnya didunia pemikiran sampai-sampai INFJ terhanyut didalamnya. Sampai-sampai melupakan makan, istirahat bahkan tidur.
  24. Punya sedikit teman tapi berkualitas, INFJ itu tidak mempunyai lingkaran teman yang banyak dikarenakan sifat introvernya, INFJ memilih untuk sedikit punya teman tapi bisa membuat dia nyaman mengungkapkan pikiran dan curhatannya, dan teman-teman INFJ yang sedikit ini sudah pasti bergaransi orang-orang pilihan, dalam artian mereka adalah orang yang bisa mendengarkan INFJ, bisa menjaga rahasia INFJ, dan bisa dipercaya seribu persen.
  25. Berkata kata dengan perumpamaan, jadi jangan bingung jika INFJ ngomong sesuatu dengan istilah-istilah aneh ketika berkomunikasi, itu adalah bahasa perumpamaan, INFJ bukan tipe yang blak-blakan ngomong, INFJ menggunakan istilah-istilah tersebut agar omongannya tidak dimaknai secara gamblang. Kadang-kadang dengan begitu malah terjalin humor dan anekdot yang lucu-lucu yang membuat komunikasi jadi lebih hidup dan santai. INFJ pandai sekali kalau diajak berkomunikasi.
  26. Dingin dan hangat menjadi satu, kalau kalian bertemu INFJ pasti kesan pertama adalah pendiam banget, cuek, kaku, dan dingin orangnya kaya robot deh hahaha. Itu karena kalian belum mengenal INFJ lebih dekat, tapi saya yakin jika kalian sudah kenal dekat dengan INFJ kalian akan menemukan kehangatan yang kalian tidak temukan di kepribadian lain. Kehangatan yang diberikan INFJ adalah tulus dan apa adanya, karena jika INFJ sudah memberikan kehangatannya itu berarti kalian sudah mendapat empati dan simpati INFJ. Tugas kalian menjaga kehangatan tersebut jangan sampai dia dingin membeku lagi. Dan kebanyakan mereka yang pernah kenal INFJ selalu berakhir dengan yang terakhir. Dingin membeku kembali.
  27. Perencana yang baik, INFJ walaupun terkesan absurd, mereka mempunyai rencana dalam setiap tindakannya, INFJ bukan tipe pragmatis tapi visioner, dia melihat kedepan terhadap apapun kemungkinan yang terjadi dan itu di pikirkan dengan matang. Tapi seorang INFJ sekalipun terkadang ragu, karena menurutnya rencana hanya rencana, semua yang terjadi bukan selalu kehendak seseorang melainkan kehendak sang pencipta dan itu salah satu nilai spritualis seorang INFJ.
  28. Sang pelindung alami, begitulah teori mengungkapkan seorang INFJ, secara tidak langsung mereka yang dekat INFJ merasakan vibes pelindung ini, tiba-tiba gak bawa obat sakit kepala atau flu ternyata INFJ menawarkan obat karena dia punya, tiba-tiba ngasih contekan tugas karena dia tahu kalian belum mengerjakan atau menyelesaikan tugas, engga bawa uang lebih untuk ongkos pulang dengan jiwa malaikatnya minjemin uang, beli jajan bareng dengan INFJ dan bayarnya pakai uangnya dahulu karena kalian gak bawa uang tunai namun INFJ dengan santainya bilang “gak usah diganti cuma kaya gituan aja”, dan itu emang benar INFJ gak terbebani. Seketika kalau kalian sakit minta izin dia berusaha komunikasiin agar kalian diizinkan gak masuk kerja atau sekolah. Pokoknya INFJ sosok melindungi siapapun yang sudah dilingkarannya. Cuma untuk masuk dilingkaran INFJ butuh waktu lama dan kesabaran yang luar biasa. Tapi kalau sudah ada di lingkarannya INFJ, beh, kalian akan senyum senyum sendiri ngelihat tingkah lakunya.
  29. Mandirinya keterlaluan, karena terbiasa melakukan apa-apa sendiri, INFJ memang sangat mandiri. Tapi kalau menurut pandangan orang lain, itu yang membuat INFJ jadi sulit dekat dengan orang lain. Kalau ditanya soal kemandirian, INFJ jangan ditanya deh, karena punya rencana yang baik, dia melakukan segala hal walaupun sendiri, tapi INFJ tidak menutup mata dan pikiran untuk juga melakukan bersama orang lain. Semandiri-mandirinya INFJ, dia mengakui bahwa ada beberapa hal yang tidak bisa dikerjakan sendirian.
  30. Suka ngomongin hal-hal yang antimainstream, disaat orang lain ngomongin tentang bisa liburan ketempat favorit, nongkrong di cafe atau restoran, punya barang-barang impian, gosip dan rumor. INFJ justru ngomongin hal-hal seperti penjelajah waktu, perjalanan antar bintang, kemajuan peradaban manusia, sistem ekonomi. Dan hal-hal ini yang juga membuat INFJ menjadi sosok yang jarang berbicara, kebanyakan INFJ memendamnya sendiri dan akan ngomongin hal-hal tadi dengan orang terdekatnya aja, karena kalau dia ngomongin itu dengan orang lain dia sadar betul orang lain tidak akan tertarik dan justru menganggap INFJ aneh.

Demikianlah hal yang bisa kalian temui bila bersama INFJ, ini hanya pandangan saya yang saya temukan di sosok INFJ melalui pengamatan, teori, pengalaman pribadi, dan bukan untuk menghakimi suatu tipe kepribadian, bisa aja sesuai ataupun tidak. Dan setiap kepribadian itu unik mempunyai kekhasannya masing-masing. Semua kepribadian ada kekuatan dan kelemahannya sehingga dengan belajar dan mengolah informasi-informasi yang berisi pengetahuan tentang kepribadian membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

THANK YOU

Komentar

  1. Kepribadian yang menarik 👏🏻

    BalasHapus
  2. Tidak semua emas berkilau, tidak semua pengembara tersesat; orang tua yang kuat tidak melemah; akar yang dalam tidak dapat membeku.

    BalasHapus
  3. Karakter seperti berkaca dengan diri sendiri, walau karakter saya INFP

    BalasHapus
  4. Tipe INFJ itu biasanya agak salting kalau dekat-dekat cewek haha

    BalasHapus
  5. INFJ biasanya diam-diam menghayutkan, jadi kalau dia lawan anda harus hati-hati, kalau dia teman anda berarti anda beruntung banget

    BalasHapus
  6. apakah INFJ punya 2 kepribadian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya sih, Infj engga punya 2 kepribadian, karena Infj adalah Introvert tulen. Tapi karena pemikiran dan otak yg banyak pengetahuannya di bisa membaca situasi, keadaan dan suasana sehingga Infj bisa menempatkan dirinya sesuai keadaan itu tadi. Secara penelitian Infj adalah jenis Introvert yg paling sedikit populasi nya, so Infj memang agak aneh tapi bukan berarti dia bipolar 😁

      Hapus
    2. Aku nyari-nyari artikel tentang INFJ setelah seseorang cerita tentang dirinya yang kek ada 2 orang di dalam diri :), entahlah beliau INFJ atau bukan. Kalau beneran MBTI beliau itu, wahh bahagia banget bisa ketemu di rl, hehe.

      Hapus
    3. Infj itu jenis Introvert yg sangat jarang di "peredaran" or di sekeliling orang-orang. Lebih suka menyendiri ditempat dimana dia sama Tuhan aja yang tahu hehe. So ketemu Infj bisa dibilang hal yg sangat langka 😁

      Hapus
  7. Saya INFJ terimakasih atas artikelnya

    BalasHapus

Posting Komentar

POSTINGAN POPULER

MENGOBATI IKAN MAS KOKI YANG TERKENA PENYAKIT BERCAK MERAH DI BADAN

INFJ DOORSLAM

KISAH RONALD READ DAN RICHARD FUSCONE

REVIEW BUKU QUIET IMPACT TAK MASALAH JADI ORANG INTROVER

REVIEW BUKU BREAKING THE HABIT OF BEING YOURSELF

CARA MENINGKATKAN OVER PEMAIN DAN MELATIH PEMAIN DALAM GAME FC MOBILE

PERBEDAAN POIN KOMPETITIF DAN POIN KOMPETITIF LANJUTAN PADA FC MOBILE

REVIEW BUKU CATATAN SEORANG DEMONSTRAN SOE HOK GIE

KATA-KATA BIJAK GANDALF DALAM FILM THE LORD OF THE RING